Rumah Yatim

Artikel Islam: Cara Menjalani Hidup Menjanda

Redaksi Yth
Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bagaimana cara menjalani hidup menjanda menurut Islam bersama dengan dua anak yang tak diberi nafkah oleh bapaknya yang masih hidup?.
Ummu Abdullah

Jawab.
Kami berdoa semoga Anda selalu mendapatkan kekuatan dan kemudahan dari Allah k untuk mengarungi kehidupan bersama anak-anak sebagai single parent hingga berhasil membina mereka menjadi anak-anak yang shaleh shalehah. Amin.

Pertama-tama, kami ingin menekankan bahwa perceraian bagaimanapun tidak lepas dari takdir dan ketentuan Allah Azza wa Jalla. Sedih pasti ada. Mengingat rumah tangga yang didamba keutuhan dan kekokohan sendinya ternyata harus luluh-lantak di tengah jalan. Apa boleh buat. Ketabahan, ketegaran dan ridha itulah jawaban untuk menghadapi apa yang sedang Anda alami. Wallahul musta’ân (Hanya Allah Azza wa Jalla lah tempat memohon pertolongan).

Setelah kejadian tidak mengenakkan ini, cobalah lakukan introspeksi diri. Jangan melulu menyalahkan mantan suami atau pihak ketiga. Mungkin saja, Anda telah berbuat sesuatu yang menyumbang terjadinya keretakan rumah tangga, disamping apa yang dilakukan suami – dan pihak ketiga – menurut pengamatan Anda. Misalnya, tidak menjalankan salah satu hak suami Anda dengan sebaik-baiknya.

Introspeksi ini bisa menjadi salah satu faktor penenang hati, lantaran telah terbentuk kesadaran kalau kita juga kadang mau menangnya sendiri, berbuat salah tapi tidak menyadari, atau terlalu mengedepankan ego pribadi. Dengan begitu, kesalahan yang sama insya Allah Azza wa Jalla tidak terulang lagi di masa depan, apalagi bila Anda dimudahkan oleh Allah Azza wa Jalla mendapatkan pasangan hidup baru.

Menjadi janda itu sendiri bukanlah serta-merta sebuah aib. Mengingat, syariat memberi jalan suami istri yang mengalami kebuntuan dalam menjembatani konflik rumah tangga untuk bercerai yang nantinya mengakibatkan pihak wanita berstatus janda. Berbeda misalnya, bila perceraian dilakukan tanpa alasan-alasan jelas, ‘pokoknya pengen cerai’.., atau dalam rangka mempermainkan hukum talak dalam syariat Islam yang mulia. Maka, dalam konteks ini, Islam melarang. Sebab, perkawinan ditujukan untuk merealisasikan tujuan-tujuan luhur, seperti menjaga kelangsungan keturunan, membentuk suasana rumah tangga yang penuh dengan kasih dan sayang dll.

Pembicaraan tentang perceraian juga diketengahkan dalam dalam al-Qur`ân di beberapa ayat dalam surat al-Baqarah. Bahkan terdapat surat yang bernama ath-Thalâq (perceraian).

Sementara di tengah masyarakat memang berkembang tashawwur (pandangan) buruk pada seorang janda. Sebenarnya kemunculan imej buruk ini bukan murni karena status janda yang disandang, tapi lebih kerap disebabkan oleh sepak-terjang si wanita janda itu. Ia tidak menjaga diri dan memelihara kehormatannya, atau tampil kurang sopan saat bergaul dengan lawan jenis.

Menjanda akan menimbulkan dampak buruk ketika si wanita tidak menjaga diri, atau tidak memenuhi hukum-hukum yang termuat dalam ayat-ayat al-Qur`an tentang perceraian.

Allah Azza wa Jalla berfirman.

“Itulah hukum-hukum Allah dan barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah, maka sesungguhnya dia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri”. [ath-Thalâq/65: 1]

Dalam ayat lain, Allah Azza wa Jalla berfirman:

“Itulah hukum-hukum Allah, maka janganlah kamu melanggarnya. Barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah, mereka itulah orang-orang yang zhalim”.[al-Baqarah/2:229]

Jadi, hendaknya menjaga sikap selaku muslimah. Berpakaianlah sesuai dengan petunjuk syariat. Hindari hal-hal yang dapat mencoreng kehormatan, seperti sering keluar apalagi di waktu malam, umpamanya. Rumah adalah tempat terbaik bagi Anda. Kalau terpaksa bekerja di luar rumah, maka tidak boleh melanggar syari’at dan pilihlah jenis pekerjaan yang jauh dari campur-baur dengan lawan jenis.

Sehubungan dengan keengganan mantan suami untuk menafkahi anak-anaknya, itu merupakan problematika yang memang kerap dialami seorang ibu. Mantan suami sudah tidak mau lagi membiayai hidup anak-anak kandungnya yang ikut bersama ibu kandungnya. Atau menghilang entah kemana. Karena itu, kami mengingatkan Anda dengan perkataan Syaikh as-Sa’di rahimahullah dalam tafsir surat ath-Thalaaq :

“Karena perceraian kadang mengakibatkan terjadinya kesulitan, kesempitan hidup dan masalah, maka Allah Ta’ala memerintahkan agar bertakwa kepada-Nya. Dan Dia menjanjikan adanya jalan keluar bagi orang yang bertakwa”.(Hal. 953).

Keterangan ini berlandaskan firman Allah Azza wa Jalla berikut ini yang tertera di sela-sela aturan-aturan talak (perceraian):

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”. [ath-Thalâq/65:2-3]

Perlu diingat bahwa Islam sendiri menetapkan bahwa kewajiban menafkahi anak pasca perceraian tetap berada di pundak ayahnya. Demikian juga nafkah istri yang masih dalam masa ‘iddah (masa menunggu selama tiga bulan) menjadi tanggungannya (suami). Masing-masing pihak, si lelaki dan mantan istrinya diminta untuk berbuat ma’ruf (baik). Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dan dibebani oleh tugas-tugas yang bukan merupakan kewajibannya.

Manakala kewajiban menafkahi anak tak diberi perhatian, artinya si ayah telah berbuat zhalim kepada si anak, dan ibunya selaku pihak yang merawatnya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memperingatkan :

كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْماً أَنْ يَحْبِسَ عَمَّنْ يَمْلِكُ قُوْتَهُ

“Adalah sudah menjadi dosa bagi seorang lelaki, menahan hak orang yang penghidupan orang tersebut ada di tangannya”. [HR. Muslim no. 996]

Kezhaliman sangat berbahaya bagi pelakunya baik di dunia maupun di akhirat, sebab Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengharamkan siapapun berbuat aniaya.

Kami sadar, kemungkinan rasa khawatir akan nafkah dan pendidikan menggelayuti perasaan dan hati Anda. Karena itu, yakinlah, Allah Azza wa Jalla tidak akan menyia-nyiakan hamba-hamba-Nya yang taat kepada-Nya.

Allah Azza wa Jalla berfirman tentang suami-istri yang terpaksa bercerai setelah setelah mengalami kebuntuan :

“Jika keduanya bercerai, maka Allah akan memberi kecukupan kepada masing-masing dari limpahan karunia-Nya. Dan adalah Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Bijaksana”. [an-Nisâ/4:130]

Yakinlah pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala amat dekat dengan orang yang bertakwa dan senantiasa berserah diri kepada-Nya.

Sebenarnya Islam telah menggariskan aturan lengkap tentang pihak-pihak yang harus menanggung nafkah seorang wanita. Nafkah wanita yang tidak memiliki suami, baik belum atau pernah menikah adalah tanggung jawab orang tuanya (dan) atau kerabat ahli waris wanita tersebut. Dan mestinya, mereka juga tidak akan sampai hati menelantarkan anak-anak si wanita itu.

Sebagai penutup, kami berwasiat kepada seluruh suami bahwa tanggung jawab menafkahi anak-anaknya adalah kewajiban yang tidak gugur meski tali pernikahan putus dengan ibu mereka.. Jangan jadikan perceraian sebagai sarana permusuhan, kezhaliman dan pelanggaran syariat. Semoga dengan jawaban ini dapat memberikan pencerahan kepada kaum muslimin dan memberikan solusi kepada saudari penanya. Wabillahi taufiq. (Tim Ilmiah Majalah as-Sunnah)

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 11/Tahun XII/1430H/2009M. Penerbit Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo-Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-761016]

Sumber: http://www.almanhaj.or.id

RUMAH YATIMrumah-yatim.balitabunda.com

Related Posts

Category: Artikel, Artikel Islam

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply

Artikel

  • Dakwah Islam: Gaddafi Kritik Abbas

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 29/3/2010 | 14 Rabbi al-Thanni 1431 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Islam: Sikap Responsif Nabi Sulaiman Dan Burung Hud-hud Sumber: http://www.dakwatuna.com | 31/3/2007 | 14 Rabbi al-Awwal 1428 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comDakwah Islam: Hasil KTT Arab Tidak Sesuai Harapan Sumber: http://www.dakwatuna.com | 29/3/2010 | 14 Rabbi al-Thanni 1431 H
  • Dakwah Muslim: Perbankan Syariah Perlu Optimalkan Kepemilikan Modal Wanita di Timur Tengah

    – Kota Dubai (RoL) dakwatuna.com – Dubai. Kaum wanita di industri keuangan syariah dapat menjadi pasar potensial yang dapat digarap lembaga keuangan syariah. Wilayah kawasan Timur Tengah yang menjadi pusat keuangan syariah pun kini mulai memberikan perhatian layanan keuangan syariah khusus bagi kaum hawa, walau belum sepenuhnya terwakili. Perkiraan nilai aset yang dikelola wanita di
  • Artikel Islam: Apakah Boleh Melawan Undang-Undang Pemerintah ? Dan Apakah Demonstrasi Termasuk Jalan Dakwah?

    Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Pertanyaan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Setelah melakukan pemogokan, orang-orang yang mogok akan mengajukan tuntutan mereka, dan ketika tuntutan itu tidak dipenuhi maka apakah boleh melakukan perlawanan terhadap pemerintah dengan melakukan revolusi rakyat ? Jawaban Saya tidak setuju (bolehnya) melakukan revolusi rakyat dalam kondisi ini, karena kekuatan
  • Dakwah Muslim: Fiqih Shalat

    >Allah swt. menyuruh memelihara shalat setiap saat, ketika mukim atau musafir, saat aman atau ketakutan. Firman Allah: {حافظوا على الصَّلوات والصَّلاة الوسطى وقوموا للَّهِ قانتين * فإن خِفتم فَرجالاً أو رُكباناً، فإذا أمنتم فاذكروا الله كما علَّمكم ما لم تكونوا تعلمون} “Peliharalah segala shalat-(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah karena Allah (dalam
  • Syariah Islam: Doa

    selamatan Selamatkan kami dari kegelapan kepada terang Jadikan kumpulan kami jama’ah orang muda yang menghormati orang tua Dan jama’ah orang tua yang menyayangi orang muda Jangan Engkau tanamkan di hati kami kesombongan dan kekasaran terhadap sesama hamba beriman Bersihkan hati kami dari benih-benih perpecahan, pengkhianatan dan kedengkian Ya ALLAH, wahai yang memudahkan segala yang sukar
  • Artikel Islam: Bermain-Main Dengan Menyebut Nama Allah, Al Qur’an Dan Rasul

    Oleh Ustadz Abu Nida` Chomsaha Sofwan Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala. وَلَئِن سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ ۚ قُلْ أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُم بَعْدَ إِيمَانِكُمْ Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentu mereka akan menjawab: “Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan bermain-main saja”.
  • Artikel Islam: Agama Islam Tegak Dengan Wahyu

    Oleh Syaikh Hamd bin Ibrahim al-‘Utsman Musuh-musuh Islam selalu berusaha mengaitkan tersebarnya Islam dengan pedang. Syubhat (kerancuan) ini diwariskan oleh orang-orang Nashara sampai zaman ini. Hal ini tidak aneh bagi mereka, bahkan mereka telah mewariskan perkara-perkara yang lebih besar (kedustaannya) dari pada hal ini. Mereka mewariskan perkara-perkara yang bertentangan dengan fitrah, akal, dan kesepakatan seluruh
  • Dakwah Islam: Dakwah Tidak Dapat Dipikul Orang Manja

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 6/4/2007 | 19 Rabbi al-Awwal 1428 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Islam: Sayatan Luka dakwatuna.comAku berkhianat lagi dalam tingkah berurai dosa berharap Engkau lengah atau sesaat terlupaKeliru! karena tak mungkin Engkau terlenaBagaimana ini? Lagi-lagi tertangkap basah saat menduaD...Dakwah Muslim: Elegi Manusia Debu (Reuters)dakwatuna.comBeranjak bangkit telah terik Memacu alas di atas
  • Syariah Islam: Bosan dan Futur Dalam Kehidupan Rumah Tangga

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 3/3/2010 | 18 Rabbi al-Awwal 1431 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsSyariah Islam: Cobaan Umat dalam KTT Arab Sumber: http://www.dakwatuna.com | 2/4/2010 | 18 Rabbi al-Thanni 1431 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comArtikel Islam: Palestina Lebih Indah dari Citra di Media Sumber: http://www.dakwatuna.com | 3/3/2010 | 18 Rabbi al-Awwal 1431 H RUMAH
  • Artikel Islam: Jika Hidup Terasa Sulit (2)

    (anysportanytime.ca) dakwatuna.com - Bismillah… Pernahkah kita mencermati sesungguhnya apa yang dicari oleh seorang pelancong ketika dia mengelana menembus semua belahan dunia? ataukah kita pernah sedikit merenung sebenarnya apa yang ingin didapatkan oleh seorang pendaki gunung ketika harus bersusah payah mencapai puncak mount everst? Pada hakikatnya mereka mencari kedamaian. Menelisik titik tertinggi dari sebuah pencapaian dalam hidup mereka,
  • Artikel Islam: ‘Iddah Talak Dihitung Dengan Haid, Keputusan Bebasnya Rahim Dan Kewajiban Mandi

    Oleh Syaikh Muhammad bin Shaleh Al ‘Utsaimin Bagian Terakhir dari Tiga Tulisan . ‘Iddah Talak Dihitung Dengan Haid Jika seorang suami menceraikan isteri yang telah digauli atau berkumpul dengannya, maka si isteri harus beriddah selama tiga kali haid secara sempurna apabila termasuk wanita yang masih mengalami haid dan tidak hamil. Hal ini didasarkan pada
  • Artikel Islam: Yahudi Musuh Agama !!!

    Oleh Redaksi Majalah Salafiyah Al-Ashalah Musuh-musuh Islam dan orang-orang bodoh yang mengikuti mereka, berusaha menggambarkan bahwa hakikat permusuhan kita melawan Yahudi hanyalah permusuhan memperebutkan wilayah perbatasan, permasalahan pengungsi dan sumber air. Dan permusuhan seperti ini mungkin diselesaikan dengan cara hidup berdamai dan mengganti para pengungsi yang kehilangan tempat tinggal dengan tempat tinggal baru, serta memperbaiki
  • Dakwah Muslim: Jaga Aurat dari Maut

    dakwatuna.com – Suatu kali, seorang akhwat dengan senyum tak enak berkata, “Mo gimana lagi, ane sebelum pake jilbab udah tinggal sama ipar. Jadi nggak enak aja kalo sekarang dengan dia pake tutupan segala.” Yang mendengar tentu langsung lemas. Masa’ ketika di luar, dari atas sampai bawah tertutup, giliran di rumah dibuka begitu saja. Kejadian di
  • Artikel Islam: Ikhlas Dalam Niat, Hukum dan Keutamaannya (Bagian ke-2)

    2. Keutamaan Niat yang Ikhlas a. Ikhlas dalam niat sebanding dengan pahala hijrah
  • Artikel Islam: Ziarah Antar Muslimah

    Sebelum memasuki pembahasan tentang ziarah, ada baiknya jika kita ulas terlebih dahulu tentang uzlah (mengasingkan diri dari pergaulan dengan manusia), serta kebalikannya yakni mukhalathah (bersosialisasi dengan orang lain). Karena ziarah berkaitan dengan kedua hal tersebut. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menuturkan, ”Sesungguhnya, memilih untuk bergaul dengan manusia secara mutlak merupakan sikap yang salah. Begitu juga menutup
  • Syariah Islam: Azan di Waktu Dini Hari

    Assamu allaikum Ustadz, di kampung saya setiap jam 2.30 ada adzan utk sholat tahajud di mesjid, tetapi byk jg yg merasa ternganggu dgn adzan tersebut krn dikira sdh adzan subuh, gimana menurut Ustadz apakah adzan tersebut sdh sesuai syariat agama atas jawabannya kami ucapkan terima kasih. Wassalam. Jawaban: Assalamu alaikum wr.wb. Sebelumnya perlu diperiksa apakah
  • Dakwah Islam: Hadhratus Syaikh, Ulama dan Pejuang

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 26/3/2010 | 11 Rabbi al-Thanni 1431 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsDakwah Muslim: Jiwar, Sebuah Perlindungan Bagi Dakwah Dan Para Dai Sumber: http://www.dakwatuna.com | 7/3/2009 | 11 Rabbi al-Awwal 1430 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comDakwah Islam: Kusebut Ia, Angkasa Sang Bunga Peradaban (kawanimut)dakwatuna.com Langit baru saja terbangun dari malamnya lalu rona merekah
  • Artikel Islam: Hukum Nadzar : Makruh Atau Haram?

    Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Pertanyaan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Setelah seseorang menentukan nadzar dan arahnya ; apakah boleh seseorang merubahnya bila mendapatkan arah yang lebih berhak ? Jawaban Akan saya kemukakan mukadimah terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan tersebut, yaitu bahwa tidak semestinya seseorang melakukan nadzar, sebab pada dasarnya hukum nadzar
  • Artikel Islam: Hukum Membuat Tulisan Pada Kuburan Dan Berjalan Di Sela-Sela Kubur Dengan Mengenakan Sandal

    Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Bolehkah meletakkan sepotong besi atau spanduk pada kuburan seseorang dengan bertuliskan ayat-ayat Al-Qur’an disamping tulisan nama si mayat, tanggal meninggalnya dst ? Jawaban. Tidak boleh membuat tulisan pada kuburan seseorang, baik itu berupa ayat-ayat Al-Qur’an maupun lainnya,
  • Dakwah Islam: Kala Masa Merangkai Jeda

    dakwatuna.com - “Temani duduk di meja operator yuk de,” ajak umi Aisy. “Iya Umi,” jawabku. Duduk di sampingnya terasa teduh, nyaman dan betah berlama-lama. Kata-kata beliau bijak, hal sekecil apapun beliau olah menjadi deretan ilmu, membuatku semakin bersemangat untuk mempelajari Islam lebih syumul. Rinduku seolah terobati, setelah satu semester tak pernah bertemu kini aku kembali bisa
  • Artikel Islam: Bagaimana Memahami Ayat : Kami Jadikan Dalam Hati Mereka Penghalang Untuk Memahami Al-Qur’an

    Oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani Pertanyaan. Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani ditanya : Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman di dalam Al-Qur’an Al-An’am : 25. “Artinya : Dan Kami jadikan dalam hati mereka tutup/penghalang untuk memahami Al-Qur’an ini dan Kami jadikan sumbatan dalam telinga mereka”. Sebagian orang berpendapat bahwa ayat ini mengandung unsur pemaksaan (jabariyah). Bagaimana pendapat
  • Artikel Syariah: Ketahuan Peluk Islam, Polisi Norton, AS, Dipecat

    – Emblem Departemen Kepolisian Norton. (ROL) dakwatuna.com – Norton, Ohio. Seorang warga Amerika Serikat, yang dulu bekerja di Kepolisian Norton, Ohio, Nicholas A. Matheny, mengajukan gugatan hak sipil ke pengadilan federal atas keluhan diskriminasi negara, konspirasi, pembalasan dan lingkungan kerja yang buruk dan jahat. Gugatan ditujukan kepada Kota Norton, Kepala Kepolisian Norton, Thaddeus Hete, Sersan Polisi
  • Dakwah Muslim: CIA Bisa Dikibuli

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 21/2/2011 | 16 Rabbi al-Awwal 1432 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsDakwah Muslim: Doa Penutup Majelis Sumber: http://www.dakwatuna.com | 23/4/2008 | 16 Rabbi al-Thanni 1429 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comDakwah Muslim: Salafi Mesir Ingin Realistis Sumber: http://www.dakwatuna.com | 22/2/2011 | 16 Rabbi al-Awwal 1432 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comDakwah Muslim: Maulid
  • Artikel Islam: Berbuat Zina Di Luar Negeri Apakah Menjadi Penyebab Istri Dicerai

    Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Sering kita mendengar banyak diantara pemuda yang telah menikah pergi ke luar negeri dan melakukan perbuatan zina di sana. Apakah istri-istri mereka tereceraikan ? Jawaban Istri-istri tidak terceraikan akibat suami mereka berbuat zina, tetapi para suami harus
  • Dakwah Muslim: Bulan Ramadhan: Bulannya Anak-Anak Yatim

    . (dadiheryana.blogspot.fr) dakwatuna.com – ALHAMDULILLAH, tidak beberapa lama lagi kita akan masuk ke dalam Bulan Ramadhan yang penuh dengan rahmat dan kemuliaan. Berbagai acara pun digelar untuk menyambut kedatangannya, mulai dari pawai simpatik anak-anak sekolah, berbagai kajian dan tausiah pembekalan Ramadhan, bakti sosial dan bazaar murah, sampai dengan tempat pemakaman umum pun ramai diziarahi masyarakat.
  • Artikel Islam: Perbedaan Risywah [Sogokan] Dan Riba

    Oleh Al-Lajnah Ad-Daa-imah Lil Buhuuts Al-Ilmiyah Wal Ifta Pertanyaan. Al-Lajnah Ad-Daa-imah Lil Buhuuts Al-Ilmiyah Wal Ifta ditanya : Apakah perbedaan antara riba dengan risywah (sogokan)? Apakah Islam menolak risywah (sogokan) dan bagaimana hukumnya dalam Islam. Jawaban. Pertama : Menurut bahasa, riba berati tambahan. Menurut syari’at, riba ini terbagi menjadi dua ; riba fadhl dan riba
  • Artikel Islam: Hukum Shalat Jama’ah

    Oleh Ustadz Abu Asma Kholid Syamhudi Tidak disangsikan lagi permasalahan ibadah merupakan inti ajaran Islam. Syari’at sangat memperhatikan permasalahan ini, karena merupakan perwujudan aqidah seseorang. Dan Allah l menjadikannya sebagai tujuan penciptaan manusia dalam firmanNya, وَمَاخَلَقْتُ الْجِنَّ وَاْلإِنسَ إِلاَّلِيَعْبُدُونِ Dan Aku tidaklah menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka beribadah kepadaKu. . Diantara ibadah
  • Artikel Islam: Batasan Mengingkari Kemungkaran

    Oleh Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin Pertanyaan. Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin ditanya : Ada seseorang yang mengingkari suatu kemungkaran dengan keras pada seseorang, tapi masalah itu merupakan masalah yang mengandung perbedaan pendapat di kalangan ulama. Lalu orang yang diingkarinya itu membantahnya dengan mengatakan, Anda tidak berhak mengingkari saya dalam masalah ini, karena masalah ini
  • Artikel Islam: Contoh-Contoh Pelanggaran Terhadap Ijma

    Oleh Al-Ustadz Abdul-Hakim bin Amir Abdat MUKADDIMAH Ijma’ merupakan dasar hukum Islam yang ketiga setelah Al-Qur`ân dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Diantara dalilnya yaitu firman Allah Azza wa Jalla : وَمَن يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَىٰ وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّىٰ وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ ۖ وَسَاءَتْ مَصِيرًا Dan barang
  • Artikel Islam: Mahrom Bagi Wanita

    Oleh Ustadz Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Mahrom merupakan masalah yang penting dalam Islam karena ia memiliki beberapa fungsi yang penting dalam tingkah laku, hukum-hukum halal/haram. Selain itu juga, Mahrom merupakan kebijaksanaan Allah dan kesempurnaan agama-Nya yang mengatur segala kehidupan. Untuk itu, seharusnya kita mengetahui siapa-siapa saja yang termasuk mahrom dan hal-hal yang terkait dengan
  • Dakwah Islam: Tarikh Tasyri’ (Bagian Pertama)

    gutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (Al-Anbiya: 107) Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhai Islam itu jadi agama bagimu. (Al-Maidah: 3).
  • Artikel Islam: Menentukan Ramadhan

    Oleh Ustadz Kholid Syamhudi Ramadhan adalah bulan mulia, selalu ditunggu dan diharapkan kedatangannya oleh kaum mukminin. Al Qur’an turun pada bulan ini. Dan pada bulan ini, Allah menjadikannya sebagai bulan puasa dan ketakwaan, sebagaimana firman Allah : شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ “(Beberapa
  • Artikel Islam: Dampak Negatif Teori Penyatuan Agama Terhadap Islam Dan Kaum Muslimin

    Oleh Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid DAMPAK NEGATIF TEORI PENYATUAN AGAMA TERHADAP ISLAM DAN KAUM MUSLIMIN Aksi nekad tersebut menimbulkan beberapa dampak negative diantaranya. Tersamarnya garis pemisah (antara muslim dan kafir). Dari satu sisi kehormatan kaum muslimin luntur dan dari sisi lain hilanglah rasa benci terhadap orang-orang kafir. Paus Paulus II memproklamirkan
  • Artikel Islam: Keutamaan Ikhlas

    Oleh Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : إِنَّ اللهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَ أَمْوَالِكُمْ وَ لَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ وَ أَعْمَالِكُمْ Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alihi wa sallam telah bersabda,”Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada rupa kalian, juga tidak kepada harta
  • Artikel Islam: Puasanya Orang Yang Meninggalkan Shalat, Berpuasa Tapi Tidak Shalat

    Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Pertanyaan. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Sebagian ulama kaum muslimin mencela orang yang berpuasa tai tidak shalat, karena shalat itu tidak termasuk puasa. Saya ingin berpuasa agar dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang masuk surga melalui pintu Ar-Rayyan. Dan sebagaimana diketahui, bahwa antara Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya
  • Dakwah Muslim: Cintalah Rahasianya

    dakwatuna.com - “Akan kami perangi mereka dengan cinta”itulah kalimat yang pernah disampaikan oleh Hasan Al-Banna. Kalimat itu memberikan gambaran bahwa langkah kita dalam menyebarkan kebaikan diikuti dengan penuh kecintaan karena Allah SWT. Hal itu pun menggambarkan bahwa Islam itu lahir dengan kasih agung, cinta dari sang Khaliq untuk umat manusia. Mengayomi dan menghangatkan jiwa-jiwa yang kedinginan.
  • Artikel Islam: Menjual Tanah Waqaf

    Pertanyaan. Ada sebuah masjid di tepi jalan. Masjid itu sudah tua dan tidak cukup lagi menampung jama’ah shalat. Ada orang mewaqafkan tanah di seberang jalan. Kami perlu untuk meluaskan masjid tersebut, tetapi lokasi sudah habis. Bolehkah menjual tanah waqaf di seberang jalan itu, lalu uangnya dibelikan tanah di samping masjid untuk perluasan? Tokoh-tokoh agama di
  • Artikel Islam: Bimbingan Mengurus Jenazah (2)

    Oleh Ustadz Abu Sulaiman Aris Sugiyantoro Berikut adalah bagian kedua lanjutan dari pembahasan tentang bimbingan mengurus jenazah. Semoga bermanfaat. (Redaksi) G. MENGIRINGI JENAZAH 1. Hukum mengiringi jenazah adalah fardhu kifayah, karena termasuk hak seorang muslim. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ (وَفِي رِوَايَةٍ: يَجِبُ لِلْمُسْلِمِ عَلَى أَخِيْهِ) خَمْسٌ رَدُّ السَّلَامِ وَعِيَادَةُ
  • Artikel Islam: Shalat Tarawih, Keabsahan 23 Raka’at

    Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Shalat tarawih adalah shalat malam berjama’ah pada bulan Ramadhan. Waktunya, mulai dari selesai shalat Isya’ sampai terbit fajar. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menganjurkan agar melaksanakannya. Sabda Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam : مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ رواه البخاري و
  • Artikel Muslim: Engkaulah Suami yang Aku Impikan

    (griyapernikahan.com) dakwatuna.com – Ketika engkau mencintaiku, engkau menghormatiku. Dan ketika engkau membenciku, engkau tidak mendzalimiku. (Dr. Ramdhan Hafidz) Aku masih ingat saat malam pertama kita, saat itu engkau mengajakku shalat Isya’ berjamaah. Setelah berdoa engkau kecup keningku lalu berkata: “Dinda, aku ingin engkau menjadi pendampingku Dunia-Akhirat”. Mendengar ucapan itu, akupun menangis terharu. Malam itu engkau
April 2014
M T W T F S S
« Feb    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  


http://www.baitulquran.or.id