Rumah Yatim

Artikel Islam: Cara Menjalani Hidup Menjanda

Redaksi Yth
Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bagaimana cara menjalani hidup menjanda menurut Islam bersama dengan dua anak yang tak diberi nafkah oleh bapaknya yang masih hidup?.
Ummu Abdullah

Jawab.
Kami berdoa semoga Anda selalu mendapatkan kekuatan dan kemudahan dari Allah k untuk mengarungi kehidupan bersama anak-anak sebagai single parent hingga berhasil membina mereka menjadi anak-anak yang shaleh shalehah. Amin.

Pertama-tama, kami ingin menekankan bahwa perceraian bagaimanapun tidak lepas dari takdir dan ketentuan Allah Azza wa Jalla. Sedih pasti ada. Mengingat rumah tangga yang didamba keutuhan dan kekokohan sendinya ternyata harus luluh-lantak di tengah jalan. Apa boleh buat. Ketabahan, ketegaran dan ridha itulah jawaban untuk menghadapi apa yang sedang Anda alami. Wallahul musta’ân (Hanya Allah Azza wa Jalla lah tempat memohon pertolongan).

Setelah kejadian tidak mengenakkan ini, cobalah lakukan introspeksi diri. Jangan melulu menyalahkan mantan suami atau pihak ketiga. Mungkin saja, Anda telah berbuat sesuatu yang menyumbang terjadinya keretakan rumah tangga, disamping apa yang dilakukan suami – dan pihak ketiga – menurut pengamatan Anda. Misalnya, tidak menjalankan salah satu hak suami Anda dengan sebaik-baiknya.

Introspeksi ini bisa menjadi salah satu faktor penenang hati, lantaran telah terbentuk kesadaran kalau kita juga kadang mau menangnya sendiri, berbuat salah tapi tidak menyadari, atau terlalu mengedepankan ego pribadi. Dengan begitu, kesalahan yang sama insya Allah Azza wa Jalla tidak terulang lagi di masa depan, apalagi bila Anda dimudahkan oleh Allah Azza wa Jalla mendapatkan pasangan hidup baru.

Menjadi janda itu sendiri bukanlah serta-merta sebuah aib. Mengingat, syariat memberi jalan suami istri yang mengalami kebuntuan dalam menjembatani konflik rumah tangga untuk bercerai yang nantinya mengakibatkan pihak wanita berstatus janda. Berbeda misalnya, bila perceraian dilakukan tanpa alasan-alasan jelas, ‘pokoknya pengen cerai’.., atau dalam rangka mempermainkan hukum talak dalam syariat Islam yang mulia. Maka, dalam konteks ini, Islam melarang. Sebab, perkawinan ditujukan untuk merealisasikan tujuan-tujuan luhur, seperti menjaga kelangsungan keturunan, membentuk suasana rumah tangga yang penuh dengan kasih dan sayang dll.

Pembicaraan tentang perceraian juga diketengahkan dalam dalam al-Qur`ân di beberapa ayat dalam surat al-Baqarah. Bahkan terdapat surat yang bernama ath-Thalâq (perceraian).

Sementara di tengah masyarakat memang berkembang tashawwur (pandangan) buruk pada seorang janda. Sebenarnya kemunculan imej buruk ini bukan murni karena status janda yang disandang, tapi lebih kerap disebabkan oleh sepak-terjang si wanita janda itu. Ia tidak menjaga diri dan memelihara kehormatannya, atau tampil kurang sopan saat bergaul dengan lawan jenis.

Menjanda akan menimbulkan dampak buruk ketika si wanita tidak menjaga diri, atau tidak memenuhi hukum-hukum yang termuat dalam ayat-ayat al-Qur`an tentang perceraian.

Allah Azza wa Jalla berfirman.

“Itulah hukum-hukum Allah dan barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah, maka sesungguhnya dia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri”. [ath-Thalâq/65: 1]

Dalam ayat lain, Allah Azza wa Jalla berfirman:

“Itulah hukum-hukum Allah, maka janganlah kamu melanggarnya. Barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah, mereka itulah orang-orang yang zhalim”.[al-Baqarah/2:229]

Jadi, hendaknya menjaga sikap selaku muslimah. Berpakaianlah sesuai dengan petunjuk syariat. Hindari hal-hal yang dapat mencoreng kehormatan, seperti sering keluar apalagi di waktu malam, umpamanya. Rumah adalah tempat terbaik bagi Anda. Kalau terpaksa bekerja di luar rumah, maka tidak boleh melanggar syari’at dan pilihlah jenis pekerjaan yang jauh dari campur-baur dengan lawan jenis.

Sehubungan dengan keengganan mantan suami untuk menafkahi anak-anaknya, itu merupakan problematika yang memang kerap dialami seorang ibu. Mantan suami sudah tidak mau lagi membiayai hidup anak-anak kandungnya yang ikut bersama ibu kandungnya. Atau menghilang entah kemana. Karena itu, kami mengingatkan Anda dengan perkataan Syaikh as-Sa’di rahimahullah dalam tafsir surat ath-Thalaaq :

“Karena perceraian kadang mengakibatkan terjadinya kesulitan, kesempitan hidup dan masalah, maka Allah Ta’ala memerintahkan agar bertakwa kepada-Nya. Dan Dia menjanjikan adanya jalan keluar bagi orang yang bertakwa”.(Hal. 953).

Keterangan ini berlandaskan firman Allah Azza wa Jalla berikut ini yang tertera di sela-sela aturan-aturan talak (perceraian):

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”. [ath-Thalâq/65:2-3]

Perlu diingat bahwa Islam sendiri menetapkan bahwa kewajiban menafkahi anak pasca perceraian tetap berada di pundak ayahnya. Demikian juga nafkah istri yang masih dalam masa ‘iddah (masa menunggu selama tiga bulan) menjadi tanggungannya (suami). Masing-masing pihak, si lelaki dan mantan istrinya diminta untuk berbuat ma’ruf (baik). Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dan dibebani oleh tugas-tugas yang bukan merupakan kewajibannya.

Manakala kewajiban menafkahi anak tak diberi perhatian, artinya si ayah telah berbuat zhalim kepada si anak, dan ibunya selaku pihak yang merawatnya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memperingatkan :

كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْماً أَنْ يَحْبِسَ عَمَّنْ يَمْلِكُ قُوْتَهُ

“Adalah sudah menjadi dosa bagi seorang lelaki, menahan hak orang yang penghidupan orang tersebut ada di tangannya”. [HR. Muslim no. 996]

Kezhaliman sangat berbahaya bagi pelakunya baik di dunia maupun di akhirat, sebab Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengharamkan siapapun berbuat aniaya.

Kami sadar, kemungkinan rasa khawatir akan nafkah dan pendidikan menggelayuti perasaan dan hati Anda. Karena itu, yakinlah, Allah Azza wa Jalla tidak akan menyia-nyiakan hamba-hamba-Nya yang taat kepada-Nya.

Allah Azza wa Jalla berfirman tentang suami-istri yang terpaksa bercerai setelah setelah mengalami kebuntuan :

“Jika keduanya bercerai, maka Allah akan memberi kecukupan kepada masing-masing dari limpahan karunia-Nya. Dan adalah Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Bijaksana”. [an-Nisâ/4:130]

Yakinlah pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala amat dekat dengan orang yang bertakwa dan senantiasa berserah diri kepada-Nya.

Sebenarnya Islam telah menggariskan aturan lengkap tentang pihak-pihak yang harus menanggung nafkah seorang wanita. Nafkah wanita yang tidak memiliki suami, baik belum atau pernah menikah adalah tanggung jawab orang tuanya (dan) atau kerabat ahli waris wanita tersebut. Dan mestinya, mereka juga tidak akan sampai hati menelantarkan anak-anak si wanita itu.

Sebagai penutup, kami berwasiat kepada seluruh suami bahwa tanggung jawab menafkahi anak-anaknya adalah kewajiban yang tidak gugur meski tali pernikahan putus dengan ibu mereka.. Jangan jadikan perceraian sebagai sarana permusuhan, kezhaliman dan pelanggaran syariat. Semoga dengan jawaban ini dapat memberikan pencerahan kepada kaum muslimin dan memberikan solusi kepada saudari penanya. Wabillahi taufiq. (Tim Ilmiah Majalah as-Sunnah)

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 11/Tahun XII/1430H/2009M. Penerbit Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo-Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-761016]

Sumber: http://www.almanhaj.or.id

RUMAH YATIMrumah-yatim.balitabunda.com

Related Posts

Category: Artikel, Artikel Islam

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply

Artikel

  • Artikel Syariah: Haneyya: Warga Palestina Tidak Takut Ancaman Perang Israel

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 3/8/2010 | 22 Shaban 1431 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Muslim: Warga Al-Quds Dipaksa Hancurkan Rumah Sendiri Atau Bayar Biaya Penghancuran Warga Palestina menyaksikan rumah mereka yang dihancurkan Israel dengan mesin (Ahmad Gharabli/AFP/Getty images)dakwatuna.com – Al-Quds. Sumber-sumber lokal di al Quds menegaskan bahwa pemerin...Dakwah Islam: 25 September 2011 dakwatuna.comDetik lampau
  • Artikel Syariah: Jagat Raya Berbicara tentang Allah

    dakwatuna.com – Pernahkah kita berfikir tentang semua yang ada di dunia ini atau mengapa ada jagat raya ini..! Mungkin kita pernah melakukannya dan memang sebagai mahkluk yang diberi akal sudah seharusnya kita gunakan untuk bertafakur dan mentadaburi jagat raya tempat kita berpijak ini bahkan mentadaburi diri kita sendiri.  Setiap manusia terlahir ke bumi tanpa tahu siapa
  • Syariah Islam: Rahasia Harta

    dakwatuna.com – Harta bukan simbol keberhasilan, karenanya banyak orang kaya raya justru gagal dalam hidupnya. Ia semakin menderita ketika di tangannya banyak harta. Pikirannya semakin terbebani sehingga seluruh pikiran dan perasaan tertuju ke sana. Dan sehebat apapun manusia mempertahankan hartanya ia pasti akan meninggalkannya. Tidak ada cerita bahwa orang-orang kaya tetap bertahan hidup selama hartanya
  • Dakwah Islam: Wanita-Wanita Pengukir Sejarah (bagian ke-3): Aisyah binti Abu Bakar

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 26/4/2010 | 13 Jumada al-Ula 1431 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Islam: The Winning Generation Cover Buku "The Winning Generation"Judul: The Winning Generation Penulis: DR. Sayyid Muhammad Nuh Penerbit: Uswah Tebal Buku: 254 halamandakwatuna.com - Kemenangan seperti apa yang hendak...Dakwah Islam: Hadits-Hadits yang Terkait dengan Silaturahim (Bagian ke-2) 2. Berdosa bagi
  • Artikel Muslim: Bencana: Azab atau Ujian?

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 4/2/2007 | 15 Muharram 1428 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Muslim: Rahasia Musibah Sumber: http://www.dakwatuna.com | 5/10/2009 | 15 Shawwal 1430 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comDakwah Muslim: Pemerintah Ramallah Serang Dakwah Islam? Sumber: http://www.dakwatuna.com | 24/8/2010 | 15 Ramadhan 1431 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comArtikel Muslim: Bersiaga Menanti Tugas Sumber:
  • Artikel Islam: Sifat Sa’i, Do’a Ketika Memulai Sa’i, Mendahulukan Sa’i Atas Thawaf, Thawaf Tetapi Tidak Sa’i

    Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Bagaimanakah cara sa’i ? Dari mana memulainya dan berapa kali ? Jawaban Sa’i dimulai dari Shafa dan diakhiri di Marwah sebanyak tujuh kali. Dimana cara menghitungnya adalah, dari Shafa ke Marwah dihitung satu kali, dan dari Marwah
  • Artikel Islam: Ruqyah, Penyembuhan Dengan Al-Qur`an Dan As-Sunnah

    Oleh Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas Allah menciptakan makhlukNya dengan memberikan cobaan dan ujian, lalu menuntut konsekwensi kesenangan, yaitu bersyukur; dan konsekwensi kesusahan, yaitu sabar. Hal ini bisa terjadi dengan Allah membalikkan berbagai keadaan manusia sehingga peribadahan manusia kepada Allah menjadi jelas. Banyak dalil-dalil yang menunjukkan bahwa musibah, penderitaan dan penyakit merupakan hal yang
  • Artikel Muslim: Muntah Saat Puasa

    Assalamualaikum wr. wb. Bapak ustadz yang saya hormati, langsung saja pada point inti. Saya mau Tanya saat puasa, tiba2 perut mual dan muntah, apakah ini membatalkan puasa? sebelum dan sesudahnya saya haturkan banyak terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Assalamu alaikum wr.wb. Jika muntah tersebut keluar dengan sendirinya tanpa disengaja, maka para ulama sepakat bahwa hal itu tidak membatalkan puasa,
  • Artikel Islam: Kesedihan Dunia

    Oleh Abdul Malik bin Muhammad al-Qasim ‘Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu menulis surat kepada ‘Abdullah bin ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu yang isinya, “Amma ba’du. Sesungguhnya seseorang merasa rugi dengan sesuatu yang hilang darinya, padahal hal itu tidak akan bisa ia dapatkan dan merasa bahagia dengan mendapatkan sesuatu yang pasti ia dapatkan. Maka berbahagialah dengan apa-apa
  • Artikel Islam: Pengobatan Tekanan Batin Dan Stress

    Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Saya seorang wanita muda, usia dua puluh tahunan, muslimah taat agama, bersuami sejak satu setengah tahun yang lalu, dan alhamdulillah, saya diberi anak sejak enam bulan lalu dengan kelahiran berlangsung normal, Alhamdulillah. Sekitar satu minggu setelah melahirkan,
  • Syariah Islam: Aku, Kertas Putih dan Tinta Hitam

    dakwatuna.com Wahai kertas putih…! hari ini, ku goreskan tinta hitam di atas lembaran-lembaran sucimu akan ku sematkan cerita hidup ini di pundak, pada garis-garis lurusmu agar ceritaku tetap abadi dikenang masa sampai alam dunia tiada ku ingin jadikanmu saksi bisu dalam sejarah panjang hidup ini wahai kertas putih…! bersama tinta hitam ini ku ingin kau
  • Dakwah Muslim: Pemuda Palestina Kepung Israel dari Berbagai Penjuru

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 15/5/2011 | 12 Jumada al-Thanni 1432 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsDakwah Muslim: Hidayat Nur Wahid: Cabut Status WNI Penyelenggara Peringatan Kemerdekaan Israel Sumber: http://www.dakwatuna.com | 15/5/2011 | 12 Jumada al-Thanni 1432 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comArtikel Muslim: Warga Al-Quds Dipaksa Hancurkan Rumah Sendiri Atau Bayar Biaya Penghancuran Warga Palestina menyaksikan
  • Artikel Islam: Akhlak Penuntut Ilmu : Menerima Berita Dari Allah [Al-Qur'an] Dengan Membenarkannya

    Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Bagian Pertama dari Empat Tulisan 1/4 Wahai saudara-saudara sekalian, (pada) kesempatan baik ini saya akan menyampaikan pembicaraan tentang berakhlak baik. Dan akhlak, sebagaimana dikatakan ulama adalah gambaran batin manusia, karena (pada dasarnya) manusia mempunyai dua bentuk, bentuk luar (yaitu fisik) yang Allah ciptakan badan padanya. Dan sebagaimana kita
  • Artikel Syariah: Buah Tabkirut Tajnid

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 1/1/2007 | 11 Dhul-Hijjah 1427 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsDakwah Islam: Memilih Pemimpin Sumber: http://www.dakwatuna.com | 25/7/2007 | 11 Rajab 1428 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comArtikel Islam: Ibu, Aku Pulang… dakwatuna.comKetika peluhku telah mengering Kuingat senyum itu Dan tangan ringkihmu yang mulai keriput Selalu mengusap mesra rambutkuSaat air mataku telah
  • Artikel Islam: Haid Setelah Lima Puluh Tahun, Keluar Darah Seperti Darah Haid Setelah Berusia Tujuh Puluh Tahun

    Oleh Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Asy-Syaikh Pertanyaan. Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Asy-Syaikh ditanya : Bagaimanakah hukumnya jika haidh masih datang setelah umur lima puluh tahun ? Jawaban Yang benar adalah bahwa haidh tidak dibatasi dengan usia lima puluh tahun, bahkan jika terus mengeluarkan darah pada waktu putarannya, dengan sifat darah haidh dan sesuai
  • Artikel Islam: Keindahan Poligami Dalam Islam

    Oleh Ustadz Abu Asma Kholid Syamhudi Kesempurnaan Islam adalah satu kepastian yang wajib diimani seorang muslim. Karena syari’at Islam telah mengatur semua sisi kehidupan manusia menuju kebahagian hakiki. Dengan ajaran Islam, maka seorang muslim dapat meraih keselamatan dan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:  “Kami berfirman: “Turunlah kamu semuanya
  • Artikel Islam: Mendidik Anak Meraih Sukses Keluarga

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 14/9/2007 | 02 Ramadhan 1428 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Muslim: Pengaruh Nama Pada Anak Sumber: http://www.dakwatuna.com | 9/4/2008 | 02 Rabbi al-Thanni 1429 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comArtikel Islam: Pawai Jelang Ramadhan 1433 H DPU DT Yogyakarta href="javascript:if(confirm('http://www.dakwatuna.com/wp-content/uploads/2012/07/pawai-ramadhan-dpu-dt-yogya-00.jpg \n\nThis file was not retrieved by Teleport VLX, because it did
  • Artikel Islam: Bangunan Islam (Syarah Rukun Islam) (1)

    Oleh Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الَّرحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهِ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ : بُنِيَ الإسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ, وَحَجِّ الْبَيْتِ, وَصَوْمِ رَمَضَانَ. (رواه
  • Artikel Islam: Jum’at : Hakikat, Keutamaan Dan Syari’at

    Oleh Ustadz Arief Syarifuddin Lc HAKIKAT JUM’AT Kata (الْجُمُْعَة) dalam bahasa Arab berasal dari kata (جَمَعَ الشَّيْءَ) yang berarti mengumpulkan sesuatu yang terpisah menjadi satu. Dan kata (الْجَمْعُ) bisa bermakna jama’ah, yakni kumpulan manusia. Dan Muzdalifah disebut (الْجَمْعُ) karena manusia (orang-orang yang berhaji) berkumpul di tempat tersebut. Demikian pula hari dikumpulkannya manusia pada hari kiamat
  • Artikel Syariah: Nifaq, Watch Out !

    dakwatuna.com - Sebagai umat Islam, tentu sudah selayaknya mengenal Kitab Sucinya. Salah satu surat di dalamnya yang insya Allah semua umat Islam mengenalnya adalah surat Al-Baqarah. Karena memang surat ini terletak di bagian awal dari Al-Quran, yaitu setelah surat Al-Fatihah. Sehingga kalaupun ada dari umat Islam yang jarang membaca Al-Quran, paling tidak sudah pernah membaca surat
  • Artikel Islam: Fikih Ikhtilaf [Memahami Perselisihan Menurut Al-Qur'an, Sunnah Dan Manhaj Salaf Shalih]

    Oleh Salim bin Shalih Al-Marfadi Ikhtilaf memiliki beberapa makna yang saling berdekatan, diantaranya ; tidak sepaham atau tidak sama. Anda bisa mengatakan khalaftuhu-mukhalafatan-wa khilaafan atau takhaalafa alqaumi wakhtalafuu apabila masing-masing berbeda pendapat dengan yang lainnya. Jadi ikhtilaf itu adalah perbedaan jalan, perbedaan pendapat atau perbedaan manhaj yang ditempuh oleh seseorang atau sekelompok orang dengan yang
  • Artikel Islam: Hal-Hal Yang Boleh Dilakukan Oleh Orang Yang Berpuasa

    Oleh Syaikh Abdul Azhim bin Badawi al-Khalafi 13. Hal-Hal Yang Boleh Dilakukan Oleh Orang Yang Berpuasa a. Mandi untuk mendinginkan badan Diriwayatkan dari Abu Bakar bin ‘Abdirrahman, dari sebagian Sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, “Aku telah melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di al-‘Arj (nama sebuah desa yang berjarak beberapa hari perjalanan
  • Artikel Islam: Sehat Dengan Puasa

    Bulan Ramadhan yang penuh berkah menyimpan banyak manfaat bagi kaum muslimin yang menjalankan puasa ramadhan. Salah satu manfaat yang dapat diraih, ialah sehatnya badan dengan berpuasa. Banyak orang telah membuktikan, badan terasa lebih sehat dan bugar ketika menjalanan puasa, orang-orang yang sedang sakitpun tidak ketinggalan ikut merasakan manfaatnya, yaitu penyakitnya membaik dan dapat terkontrol. Dengan
  • Artikel Islam: Golongan Yang Berhak Menerima Zakat

    Oleh Syaikh Abdul Azhim bin Badawi al-Khalafi Allah berfirman:  إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِّنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekaan) budak, orang yang
  • Artikel Islam: modal pinjaman (minta keuntungan dari pinjaman)

    Pertanyaan saya berniat membuka usaha dengan meminjam modal kepada orang lain, dengan jaminan : jika untung mendapat bagi hasil, dan jika rugi modal dikembalikan 100% (kerugian menjadi tanggungjawab sepenuhnya yang meminjam modal). apakah cara ini dibenarkan dalam syariah dan berapa baiknya prosentase keuntungan yang harus diberikan kepada pemodal jika cara ini dibenarkan. terimakasih wassalamu'alaikum wr
  • Syariah Islam: Zakat Tanaman dan Buah-Buahan

    – Zakat (ramadanonline.de) dakwatuna.com - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Pertanyaan: Pak Ustadz, apakah yang dimaksud dengan zakat tanaman dan buah-buahan? Apa perbedaannya? Terima Kasih Nufusiah, Pasuruan   Jawaban: Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Ibu Nufusiah yang dirahmati Allah swt. Zakat atas hasil bumi, maksudnya adalah zakat atas kepemilikan tanaman, biji-bijian, dan buah-buahan yang mendapat pengairan dan kemudian tumbuh dan berkembang.
  • Artikel Islam: Menyingkap Keabsahan Halal Bi Halal

    Oleh Ustadz Anas Burhanuddin MA PENGERTIAN HALAL BI HALAL DAN SEJARAHNYA Secara bahasa, halal bi halal adalah kata majemuk dalam bahasa Arab dan berarti halal dengan halal atau sama-sama halal. Tapi kata majemuk ini tidak dikenal dalam kamus-kamus bahasa Arab maupun pemakaian masyarakat Arab sehari-hari. Masyarakat Arab di Mekah dan Madinah justru biasa mendengar para
  • Artikel Syariah: Tempat Hiburan Bandel saat Ramadhan akan Ditindak Tegas

    . dakwatuna.com – Jakarta. MICM Menyambut datangnya Ramadhan dan Idul Fitri 1433 H, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta siap melaksanakan pengawasan kepada seluruh bidang yang terkait dengan industri pariwisata, khususnya bisnis hiburan. Jumlah tempat hiburan yang tersebar di Jakarta sekitar 1.210 entitas. Demi menjaga kondusifnya bulan Ramadhan hingga Idul Fitri, tempat bisnis hiburan wajib
  • Artikel Islam: Istinja Dan Adab-Adab Buang Hajat : Hukum Dan Dalilnya

    Oleh Syaikh Abdul Aziz Muhammad As-Salman. Pertanyaan. Apa yang dimaksud dengan istinja ? Bagaimana hukumnya serta apa dalilnya ? Jawaban. Istinja adalah membersihkan apa-apa yang telah keluar dari suatu jalan (di antara dua jalan : qubul atau dubur) dengan menggunakan air atau dengan batu atau yang sejenisnya (benda yang bersih dan suci ). Adapun hukumnya
  • Artikel Islam: Apakah Bid’ah Hanya Berlaku Pada Bidang Ibadah, Hakikat Bid’ah

    Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan: Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz : Bilakah suatu amal dianggap bid’ah dalam syari’at nan suci ini, dan apakah sebutan bid’ah hanya berlaku pada bidang ibadah saja atau mencakup ibadah dan mu’amalah? Jawaban: Bid’ah dalam terminologi syari’at adalah setiap ibadah yang diada-adakan oleh manusia tapi
  • Artikel Syariah: Menulis Basmalah untuk Perlindungan

    Assalamu 'alikum wr wb. Saya pernah ditanya oleh seseorang tentang keyakinannya membawa secarik kertas yang bertuliskan bismillahirrahmanirrahim sebanyak 100 x. Di bagian bawah secarik kertas tersebut ada catatan : "orang yang membawa tulisan BASMALAH ini InsyaAllah aman dan selamat dari BALA'/MUSIBAH sepanjang umurnya" Menurut dia bahwa hal tersebut diperolehnya dari kyai. Orang tersebut menanyakan kepada saya apakah
  • Artikel Islam: “Bila Tirai Itu Telah Terbuka”

    dakwatuna.com - Di suatu sore di hari hujan, ada seorang Al-ukh yang sedang bersandar pada dinding putih di sebuah lorong yang memanjang, sebuah mushaf hitam yang sedang ia pegang terbuka sedangkan matanya seakan tak fokus pada mushafnya, sesekali ia menengok ke kanan dan ke kiri, lalu ia menunduk membaca Kitab Al-Qur’an dengan mata yang berkaca-kaca dan
  • Dakwah Islam: Karena Kebaikan-Nya Nafasmu

    dakwatuna.com - Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan? Saat sesak langkah payahmu tertapak bangga dicinta semesta, lalu tawamu ceria sementara dalammu DIA entah dimana. Sejak hanya tangis yang bisa kau gunakan di antara tawa riang untukmu, tiadalah itu selain mula penghormatan atas awal kebaikan aturan-Nya. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan? Ketika kegagalan
  • Artikel Syariah: Ujian Kapasitas…

    – Mendaki dakwatuna.com – Di sebuah mushalla  saat TPA menjelang berbuka seorang anak bertanya, “kak, an-Nahl itu artinya apa?” “Hmm, an-Nahl itu artinya lebah.” Saat masih ada aura kebingungan dalam wajahnya, kakaknya pun segera melanjutkan, “Lebah itu adalah sejenis serangga yang bisa menghasilkan madu dek.” “Owwh….” Sang anak usia 4 tahun yang ingin informasi tentang lebah, ternyata
  • Artikel Islam: Mengenal Ahlul Bait Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam

    Oleh Ahmad Hamidin As-Sidawy Di antara bukti keimanan seseorang muslim adalah mencintai ahlul bait Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena mencintai ahlul bait merupakan pilar kesempurnaan iman seorang muslim. Pernyataan cinta kepada ahlul bait Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sekarang tidak hanya datang dari kalangan ahlus Sunnah semata, akan tetapi juga didengungkan oleh beberapa kelompok
  • Artikel Islam: Mengkomersilkan Jaringan Internet Untuk Berdakwah

    Oleh Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin Pertanyaan. Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin ditanya : Jaringan internet merupakan salah satu sarana. Apa boleh dikemorsilkan untuk berdakwah ? Kenapa kami lihat adanya keterbatasan dari para penuntut ilmu untuk memasuki dunia maya ini ? Kami mohon pencerahan, semoga Allah membalas Syaikh dengan kebaikan. Jawaban Mengajak manusia ke jalan
  • Artikel Syariah: pelelangan

    Pertanyaan berapa persen MUI memperbolehkan bunga bank? Jawaban Assalamu alaikum wr.wb. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Saudari Yulianti, MUI tidak pernah memberikan dispensasi besaran bunga bank yang diperbolehkan. Fatwa yang dikeluarkan oleh MUI terkait dengan bunga adalah seperti pendapat jumhur ulama bahwa bunga bank itu haram. berikut kami ketengahkan putusan Fatwa MUI: FATWA
  • Artikel Muslim: Benarkah Pasangan yang Baik Hanya Untuk yang Baik?

    (kawanimut) dakwatuna.com - Umur bumi sudah sangat tua, banyak sudah cerita yang tercipta, dan zaman menjadi saksi bisu perputaran waktu. Tapi kita tidak layak untuk membisu, kita harus bisa mengambil hikmah dari semua kejadian yang telah terjadi. Ada kisah para anbiya, ada kisah para shohabah yang penuh mahabbah, ada kisah tentang kaum yang Allah selamatkan, ada
  • Artikel Syariah: PBB: Israel Langgar HAM Dalam Serangan Kapal Bantuan Gaza

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 23/9/2010 | 14 Shawwal 1431 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Syariah: Lembaga Itali: Tembok Baja Sama Saja dengan Blokade Israel atas Gaza Sumber: http://www.dakwatuna.com | 2/1/2010 | 14 Muharram 1431 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comDakwah Muslim: Lembaga HAM Harus Tekan Israel Penuhi Lindungi Tahanan di Musim Dingin >Al-Katiri mengungkapkan penyesalannya
  • Artikel Islam: Jumlah Mizan Di Akhirat

    Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Pertanyaan. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : “Apakah mizan (timbangan amal) itu hanya satu ataukah lebih ? Jawaban. Ulama berbeda pendapat mengenai masalah mizan ini, apakah hanya satu ataukah lebih. Ada dua pendapat di kalangan mereka. Itu disebabkan karena nash-nash yang membicarakan tentang mizan ada yang berbentuk “mufrad”
April 2014
M T W T F S S
« Feb    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  


http://www.baitulquran.or.id