Rumah Yatim

Artikel Islam: Hadits-Hadits Shahih Tentang Qunut Nazilah

Oleh
Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas
Bagian Keempat dari Enam Tulisan 4/6

HADITS-HADITS SHAHIH TENTANG QUNUT NAZILAH

HADITS PERTAMA

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَنَتَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا مُتَتَابِعًا فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ وَصَلاَةِ الْصُّبْحِ فِيْ دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ إِذَا قَالَ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، مِنَ الرَّكْعَةِ اْلأَخِرَةِ يَدْعُوْ عَلَى أَحْيَاءٍ مِنْ بَنِيْ سُلَيْمٍ عَلَى رِعْلٍ وَذَكْوَانَ وَعُصَيَّةَ، وَيُؤَمِّنُ مَنْ خَلْفَهُ. (وَكَانَ أَرْسَلَ يَدْعُوْهُمْ إِلَى اْلإِسْلاَمِ فَقَتَلُوْهُمْ . قَالَ عِكْرِمَةُ : هَذَا مِفْتَاحُ الْقُنُوْتِ).
اخرجه أبو داود رقم (1443) وابن الجارود رقم (106) وأحمد (1/ 301-302) والحاكم (1/325-326) والبيهقي (2/200) وقال الحاكم: صحيح على شرط البخاري ووافقه الذهبي .

Dari Ibnu Abbas, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah qunut selama satu bulan secara terus-menerus pada shalat Zhuhur, ‘Ashar, Maghrib, Isya dan Shubuh di akhir setiap shalat, (yaitu) apabila ia mengucap Sami’Allahu liman hamidah di raka’at yang akhir, beliau mendo’akan kebinasaan atas kabilah Ri’lin, Dzakwan dan ‘Ushayyah yang ada pada perkampungan Bani Sulaim, dan orang-orang di belakang beliau mengucapkan amin.

Hadits ini telah diriwayatkan oleh Abu Dawud[1], Ibnul Jarud[2], Ahmad[3], al-Hakim dan al-Baihaqi[4]. Dan Imam al-Hakim menambahkan bahwa Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengutus para da’i agar mereka (kabilah-kabilah itu) masuk Islam, tapi malah mereka membunuh para da’i itu. ‘Ikrimah berkata: Inilah pertama kali qunut diadakan.

Lihat Irwaa-ul Ghalil II/163

HADITS KEDUA

عَنْ أنَسٍ قَالَ: قَنَتَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا بَعْدَ الرُّكُوْعِ يَدْعُو عَلَى حَيٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ ثُمَّ تَرَكَهُ.
خرجه البخاري رقم: (4089) والنسائي (2/203204) والطحاوي (1/245) وأحمد (3/115 و180 و217 و261 و3/191 و249) وهذا لفظه وسنده صحيح على شرط الشيخين وهو عند مسلم رقم: (677) دون قوله: بعد الركوع)

Dari Anas, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah qunut selama satu bulan setelah bangkit dari ruku’, yakni mendo’a kebinasaan untuk satu kabilah dari kabilah-kabilah Arab, kemudian beliau meninggal-kannya (tidak melakukannya lagi).”

Diriwayatkan oleh Ahmad[5], Bukhari[6], Muslim[7], an-Nasaa-i[8], ath-Thahawi[9].

Dalam hadits Ibnu Abbas dan hadits Anas dan beberapa hadits yang lainnya menunjukkan bahwa pertama kali qunut dilakukan ialah ketika Bani Sulaim yang terdiri dari Kabilah Ri’lin, Hayyan, Dzakwan dan ‘Ushayyah meminta kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam agar mau mengajarkan mereka tentang Islam.

Maka, kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus kepada mereka tujuh puluh orang qurra’ (para penghafal al-Qur’an), sesampainya mereka di sumur Ma’unah, mereka (para qurra’) itu dibunuh semuanya. Pada saat itu, tidak ada kesedihan yang lebih menyedihkan yang menimpa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam selain kejadian itu. Maka kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam qunut selama satu bulan, yang kemudian beliau tinggalkan.

Di antaranya adalah hadits Ibnu ‘Umar dan Abu Hu-rairah di bawah ini:

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ فِي الرَّكْعَةِ اْلأَخِرَةِ مِنَ الْفَجْرِ يَقُوْلُ: اَللَّهُمَّ الْعَنْ فُلاَنًا وَفُلاَنًا وَفُلاَنًا بَعْدَمَا يَقُوْلُ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، رَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ . فَأَنْـزَلَ اللَّهُ:

Dari Ibnu Umar, “Sesungguhnya ia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau mengangkat kepalanya dari ruku’ di raka’at yang terakhir ketika shalat Shubuh, ia membaca: “Allahummal ‘an fulanan wa fulanan wa fulanan (Ya Allah laknatlah si fulan dan si fulan dan si fulan) sesudah ia membaca Sami’allaahu liman hamidahu. Kemudian Allah menurunkan ayat (yang artinya): ‘Sama sekali soal (mereka) itu bukan menjadi urusanmu, apakah Allah akan menyiksa mereka atau akan mengampuni mereka. Maka sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang zhalim.’” [Ali ‘Imraan: 128]

Hadits shahih riwayat Ahmad (II/147)

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ اِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ عَلَى أَحَدٍ أَوْ يَدْعُوَ ِلأَحَدٍ قَنَتَ بَعْدَ الرُّكُوْعِ، فَرُبَّمَا قَالَ: إِذَا قَالَ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَللَّهُمَّ اَنْجِ الْوَلِيْدَ بْنَ الْوَلِيْدِ، وَسَلَمَةَ بْنَ هِشَامٍ، وَعَيَّاشَ بْنَ أَبِيْ رَبِيْعَةَ وَالْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ. اَللَّهُمَّ اشْدُدُ وَطْأَتَكَ عَلَى مُضَرَ، وَاجْعَلْهَا عَلَيْهِمْ سِنِيْنَ كَسِنِيْ يُوْسُفَ.
قَالَ: يَجْهَرُ بِذَلِكَ، وَكَانَ يَقُوْلُ فِيْ بَعْضِ صَلاَتِهِ فِي صَلاَةِ الْفَجْرِ: اَللَّهُمَّ الْعَنْ فُلاَنًا وَفُلاَنًا. ِلأَحْيَاءٍ مِنَ الْعَرْبِ حَتَّى أَنْزَلَ اللَّهُ: 

Dari Abu Hurairah, “Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila hendak mendo’akan kecelakaan atas seseorang atau mendo’akan kebaikan untuk seseorang, beliau mengerjakan qunut sesudah ruku’, dan kemungkinan apabila ia membaca: Sami’allahu liman hamidah, (lalu) beliau membaca, ‘Allahumma… dan seterusnya (yang artinya: Ya Allah, selamatkanlah Walid bin Walid dan Salamah bin Hisyam dan ‘Ayyasy bin Abi Rabi’ah dan orang-orang yang tertindas dari orang-orang Mukmin. Ya Allah, keraskanlah siksa-Mu atas (kaum) Mudhar, Ya Allah, jadikanlah atas mereka musim kemarau seperti musim kemarau (yang terjadi pada zaman) Yusuf.’”

Abu Hurairah berkata, “Nabi keraskan bacaannya itu dan ia membaca dalam akhir shalatnya dalam shalat Shu-buh: Allahummal ‘an fulanan… dan seterusnya (Ya Allah, laknatlah si fulan dan si fulan) yaitu (dua orang) dari dua kabilah bangsa Arab, sehingga Allah menurunkan ayat: ‘Sama sekali urusan mereka itu bukan menjadi urusanmu… (dan seterusnya).’”

Hadits shahih riwayat Ahmad ii/255 dan al-Bukhari No 4560

Di dalam hadits shahih riwayat Imam al-Bukhari dalam kitab Shahih-nya no. 1004 disebutkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah qunut pada shalat Shubuh dan Maghrib.

Lafazhnya adalah sebagai berikut:

عَنْ اَنَسٍ قَالَ: كَانَ الْقُنُوْتُ فِي الْمَغْرِبِ وَالْفَجْرِ.

Dari Anas, ia berkata, “Qunut itu ada dalam shalat Maghrib dan Shubuh.”

Dan dalam hadits yang shahih pula disebutkan bahwa Abu Hurairah pernah qunut pada shalat Zhuhur dan ‘Isya sesudah mengucapkan Sami’allahu liman hamidahu (setelah bangkit dari ruku’ (di saat sedang i’tidal).), ia berdo’a untuk kebaikan/kemenangan kaum Mukminin dan melaknat orang-orang kafir. Kemudian Abu Hurairah berkata: “Shalatku ini menyerupai shalatnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Lafazh haditsnya secara lengkap adalah sebagai berikut:

وَعَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ : َلأُقَرِّبَنَّ بِكُمْ صَلاَةَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ يَقْنُتُ فِي الرَّكْعَةِ اْلآخِرَةِ مِنْ صَلاَةِ الظُّهْرِ وَالْعِشَاءِ اْلأَخِرَةِ وَصَلاَةِ الصُّبْحِ بَعْدَ مَا يَقُوْلُ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ. فَيَدْعُوْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَيَلْعَنُ الْكُفَّارَ.

Dan dari Abu Hurairah, ia berkata, “Sungguh aku akan mendekatkan kamu dengan shalat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka, Abu Hurairah kemudian qunut dalam raka’at yang akhir dari shalat Zuhur, ‘Isya dan shalat Shubuh, sesudah ia membaca: ‘Sami’allahu liman hamidah.’ Lalu ia mendo’akan kebaikan untuk orang-orang Mukmin dan melaknat orang-orang kafir.”

Hadits shahih riwayat Ahmad (II/255), al-Bukhari (no. 797) dan Muslim (no.676 (296), ad-Daraquthni (II/37 atau II/165) cet. Darul Ma’rifah.

Memang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah qunut pada shalat Shubuh, begitu juga Abu Hurairah, akan tetapi ingat, bahwa hal itu bukan semata-mata dilakukan pada shalat Shubuh saja! Sebab apabila dibatasi pada shalat Shubuh saja, maka hal ini akan berten-tangan dengan riwayat yang sangat banyak sekali yang menyebutkan bahwa beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan qunut pada lima waktu shalat yang wajib. Menurut hadits yang keenam bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak qunut melainkan apabila beliau hendak mendo’akan kebaikan atau mendo’akan kebinasaan atas suatu kaum. Maka apabila beliau qunut itu menunjukkan ada musibah yang menimpa ummat Islam dan dilakukan selama satu bulan[10]

[Disalin dari kitab Ar-Rasaail Jilid-1, Penulis Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Pustaka Abdullah, Cetakan Pertama Ramadhan 1425H/Oktober 2004M]
_______
Footnote
[1]. Dalam kitab al-Musnad (I/301-302).
[2]. Dalam kitab Mustadrak-nya (I/225-226).
[3]. Dalam kitab Sunanul Kubra (II/200 & II/212).
[4]. Dalam kitab al-Musnad III/115, 180, 217, 261 & III/191, 249.
[5]. Di dalam kitab Shahih-nya no. 4089.
[6]. Dalam kitab Shahih-nya no.677 (304), tanpa lafazh “ba’dar ruku’.”
[7]. Dalam kitab Sunan-nya II/203-204.
[8]. Dalam kitab Syarah Ma’anil Atsar (I/245).
[9]. Dan hadits ini telah diriwayatkan pula oleh Abu Dawud ath-Thayalisi dalam Musnad-nya no.1989, Abu Dawud no.1445, sebagaimana juga telah disebutkan oleh al-Hafizh Ibnu Hajar dalam kitab Bulughul Maram no.287, lihat juga kitab Irwaa-ul Ghalil II/163.
[10]. Sebelum ini telah disebutkan hadits-hadits yang menunjukkan adanya qunut pada shalat Shubuh, Zhuhur, ‘Ashar, dan ‘Isya, adapun yang menerangkan adanya qunut pada shalat Maghrib, adalah hadits Bara’ bin ‘Azib:

وَعَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْنُتُ فِي صَلاَةِ الصُّبْحِ وَالْمَغْرِبِ.

Dari Baraa’ bin ‘Azib, “Sesungguhnya Rasulullah shallalllahu ‘alaihi wa sallam pernah qunut dalam shalat Shubuh dan Maghrib.”

Hadits shahih riwayat Ahmad IV/285, Muslim no.678 (306), Abu Dawud no.1441, at-Tirmidzi no.401, an-Nasaa-i II/202, ad-Dara-quthni II/36, al-Baihaqi II/198, ath-Thahawi II/242, Abu Dawud ath-Thayalisi dalam Musnad-nya no.737, lafazh ini milik Muslim.

Sumber: http://www.almanhaj.or.id

RUMAH YATIMrumah-yatim.balitabunda.com

Related Posts

Category: Artikel, Artikel Islam

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply

Artikel

  • Dakwah Islam: Keajaiban Salam

    Assalamu'alaikum (awangpurba.blogspot.com) dakwatuna.com – Cinta adalah sesuatu benih yang hidup dalam hati dan tumbuh muncul ke permukaan dalam bentuk ekspresi kongkret dan perilaku riil. Cinta memerlukan ekspresi tersendiri dan esensi syariat Salam dalam Islam lebih dari sekadar simbol formalitas verbal tetapi sebuah ekspresi tulus yang lahir dari perasaan cinta, kasih sayang, doa, harapan, suka cita,
  • Dakwah Muslim: Bermetamorfosa, dan Memetamorfosakan

    dakwatuna.com - Belum lama aku mengenalnya. Tapi rasanya, dia sudah membuatku jatuh cinta dan benar-benar menjatuhkanku ke dalamnya. Dia yang membuatku nyaman. Dialah Lembaga Dakwah Kampus atau biasa kita sebut dengan LDK. Kurang lebih, baru dua tahun ini aku mengenalnya. Untuk ukuran ‘pdkt’ memang terlihat lama, tapi tidak dalam hal ini, aku merasa begitu cepat prosesku
  • Dakwah Islam: Allah Ada di Dekatku

    (temonsoejadi.wordpress.com) dakwatuna.com - Ternyata Allah begitu dekat, melebihi dekatnya urat nadi pada tubuh kita. Pada Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 186, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar
  • Artikel Islam: Menyadari Kebutuhan

    dakwatuna.com Kita butuh air mata Kita butuh cacian Kita butuh terjatuh Dan kita butuh untuk disakiti Air mata yang mengalir di pipi, kita ganti dengan senyuman yang menawan Cacian yang menyayat hati, kita balas dengan istighfar dan evaluasi diri Saat terjatuh, berhenti sejenak dan bersiap untuk bangkit dan lebih semangat Dan saat kita disakiti maka
  • Dakwah Muslim: “Deadline Your Life”, Merencanakan Jadwal Kematian Kita

    > Cover Buku "Deadline Your Life" dakwatuna.com – Perbanyaklah mengingat penghancur kelezatan-kelezatan, yaitu kematian (HR Tirmidzi No 230, Shohihul Jami’ no. 1210)– Deadline Your Life Halaman 101. Membicarakan mati, seperti tak ada habisnya. Ia bisa kita diskusikan dari berbagai macam perspektif. Apa saja, semau kita. Salah satunya adalah perspektif Islam dalam memandang kematian. Ini merupakan
  • Artikel Islam: Jama’ah Tidur Sementara Khatib Menyampaikan Khutbahnya, Tidak Menghadapkan Wajahnya Kepada Khatib

    Oleh Wahid bin ‘Abdis Salam Baali. Sebagian orang tertidur sementara khatib sudah berada di atas mimbar. Dan ini jelas salah dan dia harus dibangunkan untuk mendengarkan nasihat. Ibnu Sirin mengatakan, “Mereka memakruhkan tidur ketika khatib khutbah. Dan mereka berkata tegas mengenai hal tersebut.” Dan disunnahkan bagi orang yang dihinggapi rasa kantuk untuk pindah dari
  • Artikel Islam: Sahabat Rasulullah Memiliki Manhaj Ilmiyah Yang Teliti Dalam Istidlal Dan Istimbat

    Oleh Syaikh Abu Usamah Salim bin ‘Ied Al-Hilaaly Bagian Pertama dari Empat Tulisan Terdapat hadits-hadits yang menjelaskan bahwa sahabat memiliki manhaj ilmiyah yang teliti dalam istidlal (pengambilan dalil) dan istimbat (pengambilan hukum). Diantaranya. . Hadits Irbaad bin Saariyah dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam “Artinya : Aku wasiatkan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah,
  • Artikel Islam: Wajibkah Kaum Wanita Melaksanakan Shalat Berjamaah Di Rumah Dan Hukum Shalat Berjama’ah Bagi Wanita

    Oleh Syaikh Shalih Al-Fauzan Pertanyaan Syaikh Shalih Al-Fauzan ditanya : Apakah diwajibkan bagi kaum wanita untuk melakukan shalat fardhu berjama’ah .? Jawaban Tidak ada kewajiban bagi kaum wanita untuk melaksanakan shalat berjama’ah, shalat jama’ah hanya diwajibkan bagi kaum pria saja. sedangkan kaum wanita tidak diwajibkan bagi mereka untuk melaksanakan shalat jama’ah, tapi dibolehkan atau bahkan
  • Dakwah Islam: Menutup Aurat (Bagian ke-5): Islam Agama yang Bersih dan Cantik

    (Danang Kawantoro) dakwatuna.com – Dalam salah satu haditsnya, Rasulullah SAW pernah bersabda sebagai berikut: “Menjadi bersihlah kamu, karena sesungguhnya Islam itu bersih.” (HR. Ibnu Hiban) Dan sabdanya pula: “Kebersihan itu dapat mengajak orang kepada iman. Sedang iman itu akan bersama pemiliknya ke Surga.” ( HR. Thabrani) Rasulullah SAW sangat menekankan tentang masalah kebersihan pakaian, badan
  • Artikel Islam: Menjaga Kepercayaan

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 23/1/2010 | 05 Safar 1431 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsDakwah Islam: Makna Muhasabah Sumber: http://www.dakwatuna.com | 17/9/2007 | 05 Ramadhan 1428 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comDakwah Islam: Hidayah-Mu dakwatuna.comKetika hamba-Mu engkau beri setetes cobaan Hamba merasa risau dan gelisah Merasa putus asa dari rahmat-Mu Padahal, Bencana terbesar bagi umat Adalah
  • Dakwah Islam: Shalat Gerhana

    Assalamu'alikum warahmatullahi wabarakatuh, Ustadz yang saya hormati. Ada yang ingin saya tanyakakan terkait dengan shalat gerhana. Apakah sholat gerhana disyariatkan harus melihat gerhana? Kalau tertutup mendung berarti tidak boleh sholat gerhana? mohon penjelasannya. Jazakumullah..Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Assalamu alaikum wr.wb. Kaum muslimin disyariatkan untuk melaksanakan shalat gerhana ketika sedang terjadi hingga gerhananya hilang. Hal ini berdasarkan sabda
  • Artikel Islam: Sahabat…

    (tulisannda.wordpress.com) dakwatuna.com - Sahabat… Izinkanlah aku menemani mu tak hanya di kala kau bahagia, Izinkanlah aku tetap di sini berjalan beriringan bersama mu walau buliran airmata menetes dari sudut ruang mata mu. Meringankan beban mu adalah sesuatu yang sangat berharga bagi ku. Berbagi dengan mu adalah salah satu hal terindah dalam hidup ku. Dan tersenyum bersama
  • Artikel Islam: Kiat Mencari Jodoh

    (blogspot.com) dakwatuna.com – Allah telah menciptakan manusia berpasang-pasangan, supaya muncul suatu ketenangan, kesenangan, ketenteraman, kedamaian dana kebahagiaan. Hal ini tentu saja menyebabkan setiap laki-laki dan perempuan mendambakan pasangan hidup yang memang merupakan fitrah manusia, apalagi pernikahan itu merupakan ketetapan Ilahi dan dalam sunnah Rasul ditegaskan bahwa “Nikah adalah Sunnahnya”. Oleh karena itu Dinul Islam mensyariatkan
  • Artikel Muslim: Kenalilah Allah, Maka Engkau Akan Mengenal Apa Itu Kehidupan

    dakwatuna.com – Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji bagi Allah yang telah memberiku nafas hingga detik ini. Sebuah kesempatan hidup yang sangat berharga… Di mana begitu banyak tangis sia-sia mengharapkan kesempatan ini. Saudara-saudariku… Izinkan aku menulis sedikit saja tentang kehidupan kita. Tentang suka duka dan segala asa yang mewarnainya. Malam itu aku masih terjaga. Hingga kemudian getar hp menandakan
  • Artikel Islam: Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Anak

    Oleh Ustadz Abu Ahmad Zainal Abidin bin Syamsuddin: PENGARUH KESHALIHAN ORANG TUA Keshalihan kedua orang tua memberi pengaruh kepada anak-anaknya. Bukti pengaruh ini bisa dilihat dari kisah Nabi Khidhir yang menegakkan tembok dengan suka rela tanpa meminta upah, sehingga Musa menanyakan alasan mengapa ia tidak mau mengambil upah. Allah berfirman, yang artinya: Adapun dinding rumah
  • Artikel Syariah: Pengantar Al-Arbain An-Nawawiyah

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 13/1/2007 | 23 Dhul-Hijjah 1427 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Islam: Al-Aqsha di Titik Pusaran Badai Sumber: http://www.dakwatuna.com | 7/4/2010 | 23 Rabbi al-Thanni 1431 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comArtikel Muslim: Lailatul Qadr (Malam Kemuliaan) age-7179 " style="margin: 5px; float: right" title="malam-bulan-sabit" src="malam-bulan-sabit-250x205.jpg" tppabs="http://www.dakwatuna.com/wp-content/uploads/malam-bulan-sabit-250x205.jpg" alt=" (...Syariah Muslim: Dzikir dan Doa
  • Dakwah Islam: Abu Zuhri: Negara Palestina Tidak Berarti Apapun Selama Israel Masih Menjajah

    Juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri Perihal Rencana Amerika Mengakui Negara Palestina dakwatuna.com – Gaza. Jubir Hamas, Sami Abu Zuhri mengungkapkan penolakan gerakannya secara mutlak terhadap rencana Amerika soal deklarasi yang akan dilakukan soal Negara Palestina. Dalam pernyataan persnya yang khusus disampaikan kepada Pusat Informasi Palestina kemarin sore Jumat (22/4) Abu Zuhri menegaskan, gerakan Hamas
  • Artikel Islam: Kendalikan Nafsu, Itu Jalan Ke Surga

    , mengendalikan nafsu adalah kata kunci untuk mencapai surga. Karena itu dalam ayat di atas Allah swt. langsung menegaskan: fainnal jannata hiyal ma’wa. Bahwa hanya dengan mengendalikan nafsu seseorang akan menjadi baik dan penuh amal saleh. Berbagai kemaksiatan yang menghancurkan hidup manusia, itu pasti ujung-ujungnya adalah karena ikut nafsu. Dengan demikian tidak ada kebaikan sama
  • Artikel Syariah: Air Ramadhan

    dakwatuna.com - Air adalah asal muasal dari segala macam bentuk kehidupan. Dari air bermula kehidupan dan karena air peradaban tumbuh dan berkembang. 70% bumi terdiri dari air, dan tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Tanpa air peradaban akan surut dan bahkan kehidupan akan musnah karena bumi akan menjadi sebuah bola batu dan pasir raksasa yang
  • Dakwah Muslim: Berkualitaskah Kebersamaan itu ?

    yang bagus…….… ……Tapi bukan itu sebenarnya yang kuinginkan…..… ……Aku ingin mereka bermain bersamaku……… ……Hingga aku tidak merasa kesepian……. Sejenak, kuhentikan makan pagiku. Mencoba mencerna kalimat-kalimat yang barusan kudengar. Ouw…aku merasa tersentil. Karena selama ini aku selalu berusaha memenuhi kebutuhan fisik anak-anakku. Selengkap mungkin. Mainan beraneka macam. Baju-baju bagus. Buku-buku pengetahuan. Plus vitamin serta obat-obatan komplit
  • Dakwah Muslim: Aku Tak Ragu Soal Cinta

    dakwatuna.com – Cinta… Adakah dari kalian yang dapat mendefinisikan cinta secara pasti? Kurasa semakin keras kita mendefinisikannya, semakin terbatas ruang lingkup cinta yang kita rasakan. Cinta adalah sebentuk emosi manusiawi yang merupakan anugerah dari Sang Maha Pencinta. Banyak para tokoh mencoba mendefinisikan cinta dengan beragam kalimat mereka sendiri. Dari sekian banyak definisi cinta yang bermunculan
  • Artikel Islam: Mengutamakan Orang-Orang Kafir Daripada Kaum Muslimin

    Oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Pertanyaan. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Apa hukum mencintai orang-orang kafir dan lebih mengutamakan daripada kaum muslimin.? Jawaban. Tidak diragukan lagi, bahwa orang yang lebih mencintai orang-orang kafir daripada kaum muslimin, telah melakukan perbuatan haram yang besar, karena seharusnya ia mencintai kaum muslimin dan mencintai kebaikan bagi
  • Dakwah Muslim: Liga Arab: Israel Pembajak Laut!

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 21/7/2011 | 20 Shaban 1432 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Islam: Liga Arab Ragukan Niat Israel dalam Negosiasi Perdamaian PM Palestina Ismail Haniyah dan Kepala Liga Arab Amr Moussa dalam sebuah konferensi pers di rumah Ismail Haniyah di kamp pengungsi Shati kota Gaza, 13 Juni 2010. (Reuters Picture)dakwatuna.com R...Artikel Islam:
  • Artikel Islam: Rizki, Tidak Mesti Berwujud Materi

    Di dalam Lisan al ‘Arab, Ibnu al Manzhur rahimahullah menjelaskan, ar rizqu, adalah sebuah kata yang sudah dimengerti maknanya, dan terdiri dari dua macam. Pertama, yang bersifat zhahirah (nampak terlihat), semisal bahan makanan pokok. Kedua, yang bersifat bathinah bagi hati dan jiwa, berbentuk pengetahuan dan ilmu-ilmu. Mengacu pada penjelasan Ibnu al Manzhur tersebut, maka hakikat
  • Artikel Muslim: Pelajaran Isra’ dan Mi’raj

    ْحَى إِلَى عَبْدِهِ مَا أَوْحَى (10) مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا رَأَى (11) أَفَتُمَارُونَهُ عَلَى مَا يَرَى (12) وَلَقَدْ رَآَهُ نَزْلَةً أُخْرَى (13) عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى (14) عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى (15) إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى (16) dakwatuna.com - “Maha Suci Allah, yang Telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil
  • Dakwah Muslim: Keikhlasan Kolektif, Syarat Kemenangan Dakwah

    underline;”>kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan), bukan “iyyaka a’budu wa iyyaka asta’in” (hanya kepada-Mu aku menyembah dan hanya kepada-Mu aku memohon pertolongan). Lebih jauh lagi bahkan tidak teralisasinya keikhlasan kolektif dalam suatu komunitas mengakibatkan bencana dan kekalahan bagi seluruh personal komunitas tersebut. Allah berfirman dalam surat Ali Imran ketika mengomentari kekalahan umat Islam
  • Artikel Syariah: Sebelum 25 Tahun

    dakwatuna.com - Kata-kata inspirasi itu masih terekam dalam benakku. Sebenarnya kata-kata dahsyat itu tak sengaja saya baca di salah satu lemari senior. Kata-katanya begini “Di saat umurku telah mencapai 25 tahun aku harus sudah menjadi orang yang “Sukses Study dan Organisasi”. Meskipun dengan bersusah payah dan meski berdarah-darah! Di bawahnya tertulis target-target yang akan dicapainya. 1.
  • Artikel Islam: Menyikapi Buku-Buku Menyesatkan

    Oleh Syaikh Masyhur bin Hasan Ali Salman Kami nasehatkan kepada saudara-saudara kami untuk memiliki motto : “Bersama Tinta Sampai Ke Liang Kubur” Dan tidak berhenti dalam menuntut ilmu dengan duduk di majlis-majlis ulama atau sowan langsung kepada mereka dan inilah jalan yang bermanfaat dan paling menyenangkan. Atau juga bisa menekuni buku-buku yang telah diterbitkan atau
  • Artikel Islam: Ingin Menikahi Janda Akan Tetapi Ibu Melarang, Orang Tua Melarang Pernikahan Satu Suku

    Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Saya ingin menikahi seorang janda ayah sayapun sudah setuju, demikian juga dengan wanita tersebut dan keluarganya, semua setuju atas pernikahan saya itu. Hanya ibu saya yang tidak setuju dan tidak menyukainya. Apakah saya boleh menikahi wanita itu
  • Artikel Islam: Nigeria Kembangkan Zakat untuk Petani

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 21/7/2011 | 20 Shaban 1432 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Muslim: Muslim Nigeria Kecam Pelarangan Jilbab di Negara Bagian Lagos Pengacara Muslim berencana untuk menuntut pemerintah negara bagian terbesar Nigeria, Lagos agar membatalkan larangan pemakaian jilbab di sekolah. "Keputusan untuk pergi ke pengadilan adalah puncak...Dakwah Islam: Lelaki Penggenggam Kairo; Sosok
  • Artikel Islam: 100KB Pembawa Dosa Sepanjang Tahun

    dosa sepanjang tahun ? Tidak bukan ? Berhati-hatilah dengan 100KB!! Martinez, Rabiulakhir 29, 1431H Sumber: http://www.dakwatuna.com | 16/4/2010 | 02 Jumada al-Ula 1431 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Muslim: Dunia, Oh Dunia dakwatuna.comDunia oh, dunia di kejar tak ke mana di lihat sungguh menggoda membuai siapa sajaAkhirat, oh akhirat dikerjakan kalau sempat padahal
  • Artikel Islam: Contoh Untuk Diteladani : Ummu Ibrahim Al-Bashariyyah, Seorang Wanita Ahli Ibadah

    Oleh Abu Hafsh Usamah bin Kamal bin Abdir Razzaq Ummu Ibrahim al-Bashariyyah, seorang wanita ahli ibadah. Dikisahkan bahwa di Bashrah terdapat para wanita ahli ibadah, di antaranya adalah Ummu Ibrahim al-Hasyimiyah. Ketika musuh menyusup ke kantong-kantong perbatasan wilayah Islam, maka orang-orang tergerak untuk berjihad di jalan Allah. Kemudian ‘Abdul Wahid bin Zaid al-Bashri berdiri di
  • Artikel Islam: Tidak Menempati Barisan (Shaff) Pertama Meski Datang Lebih Awal, Berbicara Saat Khutbah Berlangsung

    Oleh Wahid bin ‘Abdis Salam Baali. Di antara jama’ah ada yang datang ke masjid lebih awal dan mendapati barisan pertama masih kosong, tetapi dia malah memilih untuk menempati barisan kedua atau ketiga agar bisa bersandar ke tiang misalnya, atau memilih barisan belakang sehingga dia bisa bersandar ke dinding misalnya. Semuanya itu bertentangan dengan perintah Nabi
  • Artikel Muslim: Sejarah Panjang dan Kapasitas Besar Telah Memenangkan AKP

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 14/6/2011 | 13 Rajab 1432 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Muslim: Aku Mahasiswa dakwatuna.comTak pernah kutangisi keadaan negeri ini Tak pernah kuratapi bencana kesejahteraan anak manusia Karena aku mahasiswaAkan kuteliti penyakit kemanusiaan yang terjadi Akan kuberi obat ter...Syariah Muslim: Rindu Ramadhan . (iluvislam.com)dakwatuna.com Ramadhan… Bulan yang dirindukan umat muslim seluruh
  • Artikel Islam: Sedikit Dan Sesuai Sunnah Lebih Baik Daripada Banyak Tetapi Bid’ah

    Oleh Syaikh Ali bin Hasan bin Ali Al Halabi Al Atsary Kata mutiara tersebut tidak hanya terucap dari seorang shahabat, dan diantara yang mengucapkannya ialah Abu Darda’ dan Abdullah bin Mas’ud –Radhiallahu anhuma- seperti yang disebutkan dalam Syarh Ushul I’tiqad Ahlus Sunnah (nomor114 dan 115), Assunnah karya Ibnu Nashr (hal 27-28), Al Ibanah (I/320) karya
  • Artikel Islam: Bolehkah Bertayamum Bagi Orang Tua Yang Kesulitan Berwudhu

    Oleh Lajnah Ad-Daimah Lil Ifta. Pertanyaan. Lajnah Ad-Daimah Lil Ifta ditanya : Wanita tua berumur sembilan puluh tahun lebih, kesulitan untuk berwudhu dan mandi, Karena ia adalah seorang wanita jompo, apalagi jika tiba musim dingin ditambah jauhnya tempat berwudhu darinya, apakah wanita itu memiliki keringanan untuk bertayamum pada setiap waktu shalat, atau bolehkan baginya untuk
  • Artikel Islam: Bermimpi dengan Cinta

    (gambarimage.blogspot.com) dakwatuna.com – “Aku bukan pemimpi yang terjamah dalam lakon empuknya kasur di etalase malam atau pun nikmatnya hegemoni bantal berlatar siang. Aku bukan pula pemimpi yang bersenandung dengan kidung-kidung utopis. Aku, cukuplah bagi diriku, seorang pemimpi dengan kontemplasi sebagai perigi di tengah gersang dan menjadi mata air kehidupan.” Yap! Teman-teman semua pastinya sudah sering
  • Dakwah Islam: Isu Gender dan Fenomena Kereta Khusus Wanita

    (edisikrl.com) dakwatuna.com - Berkendara dengan jenis transportasi kereta memang banyak diminati sebagian besar masyarakat kita. Selain perjalanan relatif cepat, tarif pun terjangkau serta tersedia untuk beberapa kelas tertentu. Namun segala sesuatu memang ada sisi positif dan negatifnya. Di samping kepraktisan dalam penggunaan jasanya, ternyata kereta juga memiliki kelemahan dari sisi keamanan, baik secara materiil maupun moril,
  • Artikel Islam: Tafsir Ibnu Abbas Rodhiyallahu Anhuma Terhadap Ayat Hukum

    Oleh Ustadz Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifulloh “. Dan barangsiapa yang tidak berhukum dengan apa yang diturunkan Alloh, maka mereka itu adalah.orang-orang yang kafir” Di antara syubhat yang dilontarkan oleh kelompok Khowarij dan orang-orang yang terpengaruh dengan pemikiran dan aqidah mereka di zaman ini ialah menyebarkan keragu-raguan terhadap keshohihan tafsir Ibnu
  • Artikel Syariah: Hukumnya Shalat Jumat Ketika Bertemu dengan Hari raya

    Assalamualaikum wr.wb. Smg keberkahan selalul kami sampaikan untuk para asatidz SCS. Apakah hukum shalat jumat apabila hari raya idul fitri jatuh pada hari jumat? apakah hukumnya apabila shalat jumat pada hari raya Ied dengan jumlah jama'ah 10 orang, apakah sah shalat jumat kita? Mohon pencerahanya. Assalamu alaikum wr.wb. Jumhur ulama menegaskan bahwa shalat hied (hari
April 2014
M T W T F S S
« Feb    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  


http://www.baitulquran.or.id