Rumah Yatim

Artikel Islam: Hewan Kurban

Oleh
Syaikh Ali bin Hasan bin Ali Abdul Hamid Al-Halabi Al Atsari

Kurban adalah kambing yang disembelih setelah melaksanakan shalat Idul Adha dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah, karena Dia Yang Maha Suci dan Maha Tinggi berfirman.

“Artinya : Katakanlah : sesungguhnya shalatku, kurbanku (nusuk), hidup dan matiku adalah untuk Allah Rabb semesta alam tidak ada sekutu bagi-Nya” [Al-An'am : 162]

Nusuk dalam ayat di atas adalah menyembelih hewan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala.[1]

Ulama berselisih pendapat tentang hukum kurban. Yang tampak paling rajih (tepat) dari dalil-dalil yang beragam adalah hukumnya wajib. Berikut ini akan aku sebutkan untukmu -wahai saudaraku muslim- beberapa hadits yang dijadikan sebagai dalil oleh mereka yang mewajibkan :

PERTAMA
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata : Bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Artinya : Siapa yang memiliki kelapangan (harta) tapi ia tidak menyembelih kurban maka jangan sekali-kali ia mendekati mushalla kami” [2]

Sisi pendalilannya adalah beliau melarang orang yang memiliki kelapangan harta untuk mendekati mushalla jika ia tidak menyembelih kurban. Ini menunjukkan bahwa ia telah meninggalkan kewajiban, seakan-akan tidak ada faedah mendekatkan diri kepada Allah bersamaan dengan meninggalkan kewajiban ini.

KEDUA
Dari Jundab bin Abdullah Al-Bajali, ia berkata : Pada hari raya kurban, aku menyaksikan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Artinya : Siapa yang menyembelih sebelum melaksanakan shalat maka hendaklah ia mengulang dengan hewan lain, dan siapa yang belum menyembelih kurban maka sembelihlah” [3]

Perintah secara dhahir menunjukkan wajib, dan tidak ada [4] perkara yang memalingkan dari dhahirnya.

KETIGA
Mikhnaf bin Sulaim menyatakan bahwa ia pernah menyaksikan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhutbah pada hari Arafah, beliau bersabda.

“Artinya : Bagi setiap keluarga wajib untuk menyembelih ‘atirah[5] setiap tahun. Tahukah kalian apa itu ‘atirah ? Inilah yang biasa dikatakan orang dengan nama rajabiyah” [6]

Perintah dalam hadits ini menunjukkan wajib. Adapun ‘atirah telah dihapus hukumnya (mansukh), dan penghapusan kewajiban ‘atirah tidak mengharuskan dihapuskannya kewajiban kurban, bahkan hukumnya tetap sebagaimana asalnya.

Berkata Ibnul Atsir :

‘Atirah hukumnya mansukh, hal ini hanya dilakukan pada awal Islam.[7]

Adapun orang-orang yang menyelisihi pendapat wajibnya kurban, maka syubhat mereka yang paling besar untuk menunjukkan (bahwa) menyembelih kurban hukumnya sunnah adalah sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Artinya : Apabila masuk sepuluh hari (yang awal dari bulan Dzulhijjah -pen), lalu salah seorang dari kalian ingin menyembelih kurban maka janganlah ia menyentuh sedikitpun dari rambutnya dan tidak pula kulitnya”. [8]

Mereka berkata [9] :

“Dalam hadits ini ada dalil yang menunjukkan bahwa menyembelih hewan kurban tidak wajib, karena beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian ingin menyembelih kurban ….” , seandainya wajib tentunya beliau tidak menyandarkan hal itu pada keinginan (iradah) seseorang”.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah telah membantah syubhat ini setelah beliau menguatkan pendapat wajibnya hukum, dengan perkataannya [10]

“Orang-orang yang menolak wajibnya menyembelih kurban tidak ada pada mereka satu dalil. Sandaran mereka adalah sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Siapa yang ingin menyembelih kurban …..” Mereka Berkata : “Sesuatu yang wajib tidak akan dikaitkan dengan iradah (kehendak/keinginan) !” Ini merupakan ucapan yang global, karena kewajiban tidak disandarkan kepada keinginan hamba maka dikatakan : “Jika engkau mau lakukanlah”, tetapi terkadang kewajiban itu digandengkan dengan syarat untuk menerangkan satu hukum dari hukum-hukum yang ada. Seperti firman Allah :

“Artinya : Apabila kalian hendak mengerjakan shalat maka basuhlah ….” [Al-Maidah : 6]

Dikatakan : Jika kalian ingin shalat. Dan dikatakan pula : Jika kalian ingin membaca Al-Qur’an maka berta’awudzlah (mintalah perlindungan kepada Allah). Thaharah (bersuci) itu hukumnya wajib dan membaca Al-Qur’an (Al-Fatihah-pent) di dalam shalat itu wajib.

Dalam ayat ini Allah berfirman :

“Artinya : Al-Qur’an itu hanyalah peringatan bagi semesta alam, (yaitu) bagi siapa di antara kalian yang ingin menempuh jalan yang lurus” [At-Takwir : 27]

Allah berfirman demikian sedangkan keinginan untuk istiqamah itu wajib”.

Kemudian beliau rahimahullah berkata [11] :

Dan juga, tidaklah setiap orang diwajibkan padanya untuk menyembelih kurban. Kewajiban hanya dibebankan bagi orang yang mampu, maka dialah yang dimaksudkan ingin menyembelih kurban, sebagaimana beliau berkata :
“Artinya : Siapa yang ingin menunaikan ibadah haji hendaklah ia bersegera menunaikannya ….. ” [12]

Haji hukumnya wajib bagi orang yang mampu, maka sabda beliau : “Siapa yang ingin menyembelih kurban …” sama halnya dengan sabda beliau : “Siapa yang ingin menunaikan ibadah haji ……..”

Imam Al-’Aini [13] rahimahullah telah memberikan jawaban atas dalil mereka yang telah disebutkan -dalam rangka menjelaskan ucapan penulis kitab “Al-Hadayah”[14] yang berbunyi : “Yang dimaksudkan dengan iradah (keinginan/kehendak) dalam hadits yang diriwayatkan -wallahu a’lam- adalah lawan dari sahwu (lupa) bukan takhyir (pilihan, boleh tidaknya -pent)”. Al-’Aini rahimahullah menjelaskan :

“Yakni : Tidaklah yang dimaksudka takhyir antara meninggalkan dan kebolehan, maka jadilah seakan-akan ia berkata : “Siapa yang bermaksud untuk menyembelih hewan kurban di antara kalian”, dan ini tidak menunjukkan dinafikannya kewajiban, sebagaimana sabdanya :

“Artinya : Siapa yang ingin shalat maka hendaklah ia berwudlu” [15]

Dan sabda beliau.

“Artinya : Siapa diantara kalian ingin menunaikan shalat Jum’at maka hendaklah ia mandi” [16]

Yakni siapa yang bermaksud shalat Jum’at, (jadi) bukanlah takhyir ….

Adapun pengambilan dalil tidak wajibnya kurban dengan riwayat bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelih kurban untuk umatnya -sebagaimana diriwayatkan dalam “Sunan Abi Daud” (2810), “Sunan At-Tirmidzi” (1574) dan “Musnad Ahmad” (3/356) dengan sanad yang shahih dari Jabir- bukanlah pengambilan dalil yang tepat karena Nabi melakukan hal itu untuk orang yang tidak mampu dari umatnya.

Bagi orang yang tidak mampu menyembelih kurban, maka gugurlah darinya kewajiban ini.

Wallahu a’lam

[Disalin dari kitab Ahkaamu Al-'iidaini Fii Al-Sunnah Al-Muthatharah, edisi Indonesia Hari Raya Bersama Rasulullah oleh Syaikh Ali Hasan bin Ali Abdul Hamid Al-Halabi Al-Atsari, terbitan Putsaka Al-Haura, hal. 47-53, penerjemah Ummu Ishaq Zulfa Husein]
_________
Foote Note.
[1]. Lihat Minhajul Muslim (355-356)
[2]. Riwayat Ahmad (1/321), Ibnu Majah (3123), Ad-Daruquthni (4/277), Al-Hakim (2/349) dan (4/231) dan sanadnya hasan
[3]. Diriwayatkan oleh Bukhari (5562), Muslim (1960), An-Nasa’i (7/224), Ibnu Majah (3152), Ath-Thayalisi (936) dan Ahmad (4/312,3131).
[4]. Akan disebutkan bantahan-bantahan terhadap dalil yang dipakai oleh orang-orang yang berpendapat bahwa hukum menyembelih kurban adalah sunnah, nantikanlah.
[5]. Berkata Abu Ubaid dalam “Gharibul Hadits” (1/195) : “Atirah adalah sembelihan di bulan Rajab yang orang-orang jahiliyah mendekatkan diri kepada Allah dengannya, kemudian datang Islam dan kebiasaan itu dibiarkan hingga dihapus setelahnya.
[6]. Diriwayatkan Ahmad (4/215), Ibnu Majah (3125) Abu Daud (2788) Al-Baghawi (1128), At-Tirmidzi (1518), An-Nasa’i (7/167) dan dalam sanadnya ada rawi bernama Abu Ramlah, dia majhul (tidak dikenal). Hadits ini memiliki jalan lain yang diriwayatkan Ahmad (5/76) namun sanadnya lemah. Tirmidzi menghasankannya dalam “Sunannya” dan dikuatkan Al-Hafidzh dalam Fathul Bari (10/4), Lihat Al-Ishabah (9/151)
[7]. Jami ul-ushul (3/317) dan lihat ‘Al-Adilah Al-Muthmainah ala Tsubutin naskh fii Kitab was Sunnah (103-105) dan “Al-Mughni” (8/650-651).
[8]. Diriwayatkan Muslim (1977), Abu Daud (2791), An-Nasa’i (7/211dan 212), Al-Baghawi (1127), Ibnu Majah (3149), Al-Baihaqi (9/266), Ahmad (6/289) dan (6/301 dan 311), Al-Hakim (4/220) dan Ath-Thahawi dalam “Syarhu Ma’anil Atsar” (4/181) dan jalan-jalan Ummu Salamah Radhiyallahu ‘anha.
[9]. “Al-majmu” 98/302) dan Mughni Al-Muhtaj” (4/282) ‘Syarhus Sunnah” (4/348) dan “Al-Muhalla” 98/3)
[10]. Majmu Al-Fatawa (22/162-163).
[11]. Sama dengan di atas
[12]. Diriwayatkan Ahmad (1/214,323, 355), Ibnu Majah (3883), Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah (1/114) dari Al-Fadl, namun pada isnadnya ada kelemahan. Akan tetapi ada jalan lain di sisi Abi Daud (1732), Ad-Darimi (2/28), Al-Hakim (1/448), Ahmad (1/225) dan padanya ada kelemahan juga, akan tetapi dengan dua jalan haditsnya hasan Insya Allah. Lihat ‘Irwaul Ghalil” oleh ustadz kami Al-Albani (4/168-169)
[13]. Dalam ‘Al-Binayah fi Syarhil Hadayah” (9/106-114)
[14]. Yang dimaksud adalah kitab “Al-Hadayah Syarhul Bidayah” dalam fiqih Hanafiyah. Kitab ini termasuk di antara kitab-kitab yang biasa digunakan dalam madzhab ini. Sebagaimana dalam “Kasyfudh Dhunun” (2/2031-2040). Kitab ini merupakan karya Imam Ali bin Abi Bakar Al-Marghinani, wafat tahun (593H), biografinya bisa dilihat dalam ‘Al-Fawaidul Bahiyah” (141).
[15]. Aku tidak mendapat lafadh seperti iin, dan apa yang setelahnya cukup sebagai pengambilan dalil.
[16]. Diriwayatkan dengan lafadh ini oleh Muslim (844) dan Ibnu Umar. Adapun Bukhari, ia meriwayatkannya dan Ibnu Umar dengan lafadh yang lain, nomor (877), 9894) dan (919)

Sumber: http://www.almanhaj.or.id

RUMAH YATIMrumah-yatim.balitabunda.com

Related Posts

Category: Artikel, Artikel Islam

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply

Artikel

  • Artikel Islam: Sesungguhnya Islam Yang Akan Datang Adalah Islam Sunni Salafi Yang Mempersatukan Tidak Memecah Belah

    Oleh Syaikh Abu Usamah Salim bin ‘Ied Al-Hilali Kata Pengantar. Artikel ini, diambil dari kata sambutan Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilali, murid kepercayaan Syaikh Muhaddits Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah, dalam acara Ad-Daurah asy-Syariyah fi al-Masa’il al-’Aqadiyah wa al-Manhajiyah, yang diselenggarakan di Ma’had Ali al-Irsyad Surabaya tanggal 15-18 Dzul Qa’dah 1421H, yang diprakarsai oleh Al-Ustadz
  • Dakwah Muslim: Pasukan Zionis Israel Serbu Desa di Tepi Barat dan Culik Tiga Anak Palestina

    (knrp) dakwatuna.com – Pasukan militer penjajah zionis Israel lagi-lagi menculik tiga anak Palestina, saat menyerbu desa Al-’Asakreh, dekat Bethlehem di Tepi Barat. Dalam penyerbuan itu, pasukan zionis menggeledah sejumlah rumah dan menculik tiga anak dibawah umur. Al-Mu’ti, 9 tahun, Abdul Rahman, 12 tahun dan Mu’taz ‘Asakreh, 13 tahun dibawa ke sebuah tempat yang tidak diketahui
  • Artikel Islam: Al-Ma’tsurot Hasan Al-Bana

    Oleh Ustadz Abu Ahmad Kitab Al-Ma’tsurot oleh Hasan Al-Banna adalah kitab yang sangat populer di kalangan kaum muslimin di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Bahkan wirid-wirid yang terkandung di dalamnya dijadikan sebagai amalan harian wajib bagi para pengikut kelompok Ikhwanul Muslimin dan kebanyakan para aktivis pergerakan Islam di Indonesia. Beberapa bulan yang lalu telah
  • Artikel Islam: Hukum Jual Beli Sistem Kredit

    Oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani Pertanyaan. Fadhilatus Syaikh Muhammad Nashhiruddin Al-Albani ditanya : Bagaimana hukum syara (agama) tentang jual beli dengan sistem kredit dalam pembayarannya .? Jawaban Jual beli dengan sistem kredit (bittaqsith) adalah bid’ah amaliyah yang tidak dikenal kaum muslimin pada abad-abad (qurun) dahulu. Hal itu adalah amalan yang dipraktekkan orang-orang kafir sebelum menduduki
  • Syariah Islam: Usaha dan Doa

    dakwatuna.com  Jika di depanmu ada hidangan Sedang tanganmu tak kau gerakan Mengambil dan memegang Jangan harap dirimu kenyang Jangan hitung hari-harimu Dengan lentik jemarimu Hitunglah setiap putaran waktu Dengan goresan pena di tanganmu Jika dirimu diberi kail Sedang dirimu tak mengambil umpan Melemparkan ke sungai Jangan harap mendapat ikan ketahuilah Selamanya apa yang kau cita
  • Artikel Islam: Makan Malam Di Pinggir Istana

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 3/11/2011 | 06 Dhul-Hijjah 1432 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Islam: Jaringan Advokasi Masjid: Al-Aqsha Terancam Runtuh align="left">Advokasi Masjid melihat bahwa bahaya yang mengancam Al-Quds dan masjid Al-Aqsha semakin meluas dan membesar dari hari ke hari, terutama setelah sikap diam dan membisu dunia Arab dan u...Artikel Muslim: Sudah di Mana
  • Artikel Islam: Radang Amandel Yang Membandel

    Anda tentu pernah mendengar ada anak yang menderita sakit amandel. Dalam dunia kedokteran, penyakit ini dikenal dengan istilah ”tonsilitis” atau radang yang mengenai tonsil (amandel). Radang amandel ada yang sifatnya akut, namun ada pula yang sifatnya kronis dan kambuh-kambuhan. Tentunya, penyakit yang dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan yang tepat akan sangat mengganggu aktivitas anak. Menyebabkan anak
  • Artikel Syariah: Hukum Forex dalam Islam

    asslamualaikum   para kiai dan ustadz yang mulia, perkenankan saya ingin mengajukan 2 pertanyaan; 1. saat ini sedang berkembang bisnis online FOREX (Foreign Exchange) atau dikenal sebagai valuta asing (valas). Forex Trading adalah transaksi perdagangan nilai tukar mata uang asing di pasar uang internasional. pertanyyannya bagaimana hukumnya bisnis tersebut? 2. seseorang percaya pada program investasi
  • Artikel Islam: Tatkala Manusia Dipanggil Bersama ‘Imam’nya

    Oleh Ustadz Ashim Bin Musthafa يَوْمَ نَدْعُو كُلَّ أُنَاسٍ بِإِمَامِهِمْ ۖ فَمَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ فَأُولَٰئِكَ يَقْرَءُونَ كِتَابَهُمْ وَلَا يُظْلَمُونَ فَتِيلًا وَمَن كَانَ فِي هَٰذِهِ أَعْمَىٰ فَهُوَ فِي الْآخِرَةِ أَعْمَىٰ وَأَضَلُّ سَبِيلًا “(Ingatlah) suatu hari (yang pada hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya; dan barang siapa yang diberikan kitab amalannya di tangan kanannya,
  • Artikel Islam: Pergi Ke Gereja Dan Shalat Di Rumah Orang Nashrani

    Oleh Lajnah Da’imah Lil Buhuts Al-Ilmiah Wal Ifta Pertanyaan. Lajnah Da’imah Lil Buhuts Al-Ilmiah Wal Ifta ditanya : Adakalanya ketika tiba waktu shalat, saya sedang berada di rumah salah seorang mereka, lalu saya mengambil sajadah saya dan shalat di depan mereka. Apakah shalat saya sah, sementara rumah itu adalah rumah mereka ? Jawaban Ya, shalat
  • Artikel Islam: Hukum Meremehkan Syari’at Allah Dan Keengganan Untuk Menerapkannya

    Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Banyak di antara kaum muslimin yang meremeh-remehkan dalam hal berhukum kepada selain syari’at Allah; sebagian berkeyakinan bahwa sikap meremeh-remehkan tersebut tidak berpengaruh terhadap komitmen keislamannya. Sebagian yang lain malah menganggap boleh-boleh saja berhukum kepada selain syari’at Allah
  • Artikel Muslim: Ukhuwah yang Terluka

    (wordpress.com/bintangumilang) dakwatuna.com Sedih, saat kita mulai jauh… saling mengunggulkan ego dan emosi masing-masing saling berbicara dengan ambisi pribadi saling menusuk dari belakang saling melirik sadis saling benci…. lupakah kita pada ukhuwah yang telah kita jaga? yang disaksikan banyak jalan, banyak waktu, banyak kata… berhentilah untuk saling memutus tali ini berhentilah untuk saling mengedapankan ambisi lalu
  • Artikel Muslim: Tasawuf Cinta

    . dakwatuna.com Aku bukan pejuang cinta… Jika kau meminta dalam setiap syarafku ada pikir tentangmu Jika kau mensyaratkan jeruji bagi kesungguhanku Jika kau menginginkan taman-taman surga kubawa ke dalam pangkuanmu Jika kau menuntut separuh jiwa ini bersemayam dalam kalbumu Aku bukan begitu dan begitu bukanlah aku Bagiku cinta itu sederhana… Sesederhana tetes air mata yang
  • Artikel Islam: Ma’mum Masbuq

    Pertanyaan Seseorang yang masbuq mendapatkan imam sedang membaca pertengahan surat Al Fatihah atau surat setelah Al Fatihah, atau ia mendapatkan imam ketika ruku’. Pertanyaannya: Apakah ia mendapat raka’at itu? (Katanya Al Albani berpendapat, bahwa orang yang masbuq itu mendapat raka’at itu. Ana belum membaca alasan-alasan yang dikemukakan oleh beliau rahimahullah. Tapi sekiranya benar beliau berpendapat
  • Artikel Islam: Keharusan Memiliki Ilmu Dalam Memberi Nasehat Dan Berda’wah

    Oleh Al-Ustadz Fariq Bin Gasim Anuz Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah menyebutkan beberapa sifat yang harus dimiliki oleh seorang da’i yang mengajak kepada perbuatan ma’ruf dan melarang orang lain berbuat mungkar, di antaranya : “…Yang dimaksud dengan niat terpuji yang diterima di sisi Allah dan mendapatkan ganjaranNya adalah hendaknya amalan tersebut ditujukan untuk mencari ridha Allah
  • Artikel Islam: Investasi Dengan Keuntungan Fixed Per Bulan

      Ricky Pertanyaan: sebulan yang lalu saya menginvestasikan uang saya senilai 150 juta ke sebuah perusahaan jasa travel. Dalam perjanjian kerjasama selama 4 tahun, setiap bulannya saya berhak menerima keuntungan 2% dari uang yang saya tanamkan. Setelah 4 tahun uang saya dikembalikan utuh. Namun apabila dana yg saya investkan saya tarik sebelum 4 tahun, maka
  • Dakwah Muslim: Bolduser Israel Hancurkan Bangunan di Isawiyah

    >Pemerintah daerah Israel sendiri belakangan ini menyerahkah surat penggusuran kepada dua warga Palestina sehingga total rumah yang disita dan digusur Israel adalah 70 rumah di Isawiyah. Isawiyah adalah daerah terletak di timur laut kota Al-Quds di mana warganya mengalami berbagai tekanan. Selain itu, Israel juga menyita sebagian besar lahanya seluas 12 ribu hektar. Sementara yang
  • Syariah Muslim: Sepotong Senja untuk Istriku

    dakwatuna.com Pada suatu senja saat kemarau mengering Engkau bertutur tentang liku hidup Penuh senyap dan sinar redup Kubilang, “Itu masa lalu, segeralah berpaling!” Pada suatu senja saat angin mengirim dingin Tiang-tiang kokoh itu menjadi saksi Bahwa hidup tak harus terus diratapi Tidak selalu datang apa yang kita ingin Pada suatu senja saat bougenvile berguguran Kepastian
  • Artikel Islam: Mengingkari Kemungkaran Dengan Demonstrasi Dan Pembunuhan Apakah Termasuk Bab Jihad Islam ?

    Oleh Syaikh Shalih bin Ali Al-Ghasun Pertanyaan Syaikh Shalih bin Ali Al-Ghasun ditanya : Dua tahun yang lalu kami mendengar ceramah sebagian da’i membahas metode-metode dakwah dan cara mengingkari kemungkaran, di dalam metode-metode tersebut mereka masukkan demonstrasi, pembunuhan dan barangkali sebagian mereka memasukkan hal tersebut dalam bab jihad Islam. Kami mohon penjelasan Anda, apakah hal
  • Artikel Islam: Pengetahuan Tentang Hari Kiamat

    Oleh Dr. Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil Pengetahuan tentang hari Kiamat adalah perkara ghaib yang hanya diketahui oleh Allah Ta’ala, sebagaimana hal itu ditunjukkan oleh banyak ayat di dalam al-Qur-an dan hadits-hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam karena pengetahuan tentang hari Kiamat adalah perkara yang hanya diketahui oleh Allah Azza wa Jalla. Dia tidak
  • Syariah Islam: Arab Desak AS Akhiri Dukungan Rahasia Nuklir Israel

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 16/8/2010 | 07 Ramadhan 1431 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Syariah: Hamas: Mengunjungi Al-Quds Saat ini Sama dengan Mengakui Keberadaan Israel (knrp)dakwatuna.com - Gerakan Perjuangan Islam Palestina, Hamas kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak membenarkan kunjungan yang dilakukan ke Al-Quds selama masih berada di bawah jajahan Zionis I...Artikel Islam: Seruan Qunut Nazilah
  • Artikel Islam: Derajat Hadits Puasa Hari Tarwiyah

    Oleh Al-Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat Sudah terlalu sering saya ditanya tentang puasa pada hari tarwiyah (tanggal delapan Dzulhijjah) yang biasa diamalkan oleh umumnya kaum muslimin. Mereka berpuasa selama dua hari yaitu pada tanggal delapan dan sembilan Dzulhijjah (hari Arafah). Dan selalu pertanyaan itu saya jawab : Saya tidak tahu! Karena memang saya belum
  • Artikel Islam: Aku Bukanlah Aku

    (nyepsycho.wordpress.com) dakwatuna.com - Bismillaahirrahmaanirrahim. Aku memulai ucapanku dengan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad saw. Adapun kisahku secara pribadi mungkin tidak terlalu menarik untuk dilirik, karena aku hanya seorang muslimah yang biasa-biasa saja, mengerjakan ibadah yang wajib dan sedikit yang sunnah. Adapun kisah yang ingin aku sampaikan di sini adalah kisah ibuku yang menolak keras bila
  • Artikel Islam: Fatwa Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan Terhadap Jama’ah Yang Gemar Menghajr Dan Membid’ahkan

    Oleh Asy-Syaikh al-Allamah Sholih Fauzan al-Fauzan Asy-Syaikh al-Allamah Sholih Fauzan al-Fauzan -hafidhahullahu- berkata saat pengajian tentang Aqidah dan Dakwah (III/69) sebagai berikut : “Diantara kerusakan-kerusakan perpecahan yang demikian ini adalah mengakibatkan perpecahan di tengah-tengah kaum muslimin, disebabkan disibukkannya mereka satu dengan lainnya dengan mentajrih (mencela) dengan gelar-gelar yang buruk. Tiap-tiap mereka menghendaki memenangkan diri mereka
  • Dakwah Muslim: Reda

    . Rabbi…. Terima kasih atas pesan yang Kau kirimkan lewat hujan dakwatuna.com - Kenangan ini telah kurangkum dalam serintik hujan. Semua rasa terurai dalam wangi tanah yang basah, gemercik yang turun berbisik, serta udara yang sejuk menusuk-nusuk. Tidak ada yang kutinggalkan. Segala bentuk emosi kuperas dan kuteguk sari-sarinya. Tidak ada pula yang kulewatkan. Setiap persimpangan
  • Dakwah Muslim: Seribu Itu Takkan Membuat Kita Jatuh Miskin

    dakwatuna.com - Sore itu saat menunggu pesanan rujak uleg yang sedang dibuatkan oleh sang penjual, mataku pun menangkap sesosok renta yang sedang berjalan tertatih dengan pakaian lusuhnya beserta buntelan kain yang tak kalah lusuh yang berada erat dalam dekapannya. Dari kejauhan aku pun terus memperhatikan nenek tua itu yang ternyata tengah mengais belah kasihan (meminta-minta) pada
  • Artikel Islam: Bolehkah Menggali Kubur Muslimin Dan Kafir?

    Oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani Pertanyaan Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani ditanya : Bolehkah menggali kubur muslimin dan kubur orang kafir? Jawaban Tentu saja dalam hal ini ada perbedaan antara menggali kubur muslimin dengan menggali kubur orang kafir. Adapun menggali kubur muslimin tidak diperkenankan kecuali setelah menjadi tanah (jasadnya). Yang demikian itu karena menggali kubur mereka
  • Artikel Muslim: Jangka Waktu Siksa Kubur

    Pertanyaan: Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Semoga kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya selalu menaungi hari hari ustad.. Berapa lamakah siksaan dikubur.. selamanyakah atau tergantung dosa2 kita.. Trima kasih banyak atas waktu dan perhatiannya. Wassalammualaikum wr. wb. Jawaban: Assalamu alaikum wr.wb. Keberadaan siksa kubur telah ditegaskan oleh berbagai dalil yang sahih. Hanya saja jika ditanya bagaimana kadar dan
  • Artikel Islam: Wanita Muslimah Juga Wajib Belajar Ilmu Syar’i

    Oleh Prof. Dr. Shalih As-Sadlan Wanita merupakan bagian dari elemen masyarakat. Sehingga secara otomatis, mereka juga memiliki andil dan tugas dalam menata dan memperbaiki masyarakat. Tidak ada keraguan lagi, untuk melaksanakan tanggung jawab dalam membina diri sendiri dan masyarakat, mutlak membutuhkan ilmu. Konsekuensinya, kaum wanita juga harus memiliki ilmu untuk menjalankan tanggung-jawab tersebut. Karenanya, ia
  • Artikel Islam: Perselisihan Rumah Tangga

    Oleh Syaikh Abdul Azhim bin Badawi al-Khalafi Perselisihan Rumah Tangga Hampir tidak ada rumah tangga yang selamat dari berbagai macam problematika dan perselisihan, akan tetapi permasalahan dan perselisihan tersebut berbeda bentuk dan jenisnya. Islam menganjurkan bagi suami isteri agar dapat mengobati dan menyelesaikan segala macam bentuk persoalan yang terjadi di antara mereka berdua. Dan Islam
  • Artikel Syariah: Pesan Kematian

    (adlin-life.blogspot.com) dakwatuna.com Wahai kawan, kali ini aku ingin kabarkan pesan Pesan yang tak banyak diperbincangkan Pesan yang lebih sering ditinggalkan Pesan tentang kematian Aku melangkah masuk ke ruang itu Berdiri, ku hamparkan sajadah merah Aku tak tahu, ternyata sang utusan telah menunggu Menunggu waktu, agar perhitungan menjadi tepat tanpa cela Aku kabarkan takbir ke dunia
  • Artikel Islam: Nama Abdul Muttaqin

    Pertanyaan menurut pandangan bapak...apakah nama ABDUL MUTTAQIN bermasalah...soalnya kemaren temen saya diteror sama dosen lulusan dari mesir nama tersebut tidak bisa di pakai dgn alasan yang tidak jelas dan harus diganti..atas penjelasannta terima kasih Jawaban Assalamu alaikum wr.wb. Saudara Sihab, dalam hal ini dosen teman Anda benar. Nama Abdul Muttaqin tidaklah tepat. Sebab, dari sisi
  • Dakwah Muslim: Jangan Salahkan Hujan

    dakwatuna.com - Musim penghujan telah tiba. Alhamdulillah, yang lama ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Meski belum merata tapi hujan sudah mulai sering mengguyur beberapa kota. Sayangnya, di antara mereka yang juga menunggu turunnya hujan, setelah datang, bukannya bersyukur malah sebaliknya. Mereka kecewa, kesal dan bahkan ‘berani’ mengumpat hanya karena merasa hujan turun tidak pada waktu yang
  • Syariah Islam: Ahmadinejad Hadiri KTT OKI di Tengah Desakan Internasional

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 9/11/2009 | 21 Dhul-Qadah 1430 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsDakwah Islam: OKI Kecam Pembantaian Warga Afghanistan Sekjen OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu (Reuters)dakwatuna.com – Jeddah. Sekretaris Jendral Organisasi Konferensi Islam (Sekjen OKI) Ekmeleddin Ihsanoglu mengecam keras aksi pembantaian warga sipil ...Artikel Islam: Hikmah Diutusnya Para Rasul (Bagian ke-2) ْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنَاتِ
  • Dakwah Muslim: Setelah Berhubungan Darah Coklat Keluar lagi

      Asalamu'alaikum Wr.Wb. Saya berstubuh dengan istri yang baru saja bersuci dari haidnya, tapi saat bersetubuh ternyata keluar darah kecoklatan. Apakah ini termasuk dalam menyetubuhi istri saat haid, yang tentunya berdosa? Bagaimana cara menebus kesalahan ini? Apa akibat/ efeknya secara medis? Berbahaya tidak? Syukron...! Jawaban Assalamu alaikum wr.wb. Kalau isteri Anda baru saja bersuci dari
  • Artikel Muslim: Kematian dan Persiapan Menghadapinya (Bagian ke-2)

    Rasmul Bayan "Kematian dan Istidad Liyaumirrahil" KEADAAN MUKMIN DAN KAFIR KETIKA MATI Bagaimana keadaan mukmin dan kafir ketika mati? dakwatuna.com – Rasulullah saw bersabda: “Orang mukmin ketika  datang kematiannya –ia didatangi al basyir (pembawa kabar gembira) dari Allah, maka tidak ada yang paling menyenangkan bagi orang mukmin ini dibandingkan berjumpa dengan Allah. Maka Allah akan
  • Artikel Islam: Kedudukan Ilmu Tauhid Dalam Islam

    (crazyprofile.com) A.   Iman adalah Asas Amal (الإِيْمَانُ أَسَاسُ العَمَلِ) dakwatuna.com – Mengapa Allah SWT tidak menerima amal kecuali dari mukmin (yang beriman kepada Allah dengan iman yang sesuai syariat Islam)? Sebab orang-orang yang tidak beriman kepada Allah, tak mengharapkan pahala dari-Nya, tidak takut dengan hukuman-Nya, beramal tanpa pernah menginginkan keridhaan-Nya, dan tak peduli apakah yang
  • Artikel Islam: 10 Adab Agar Doa Dikabulkan

    فضل العبادة الدعاء“. “Sebaik-baik ibadah adalah doa” Diriwayatkan dari Nu’man bin Basyir dari Nabi saw. bersabda: “Doa adalah ibadah. Dan Tuhan Kalian menyeru: Berdoalah kalian kepada-Ku, Pasti Aku kabulkan doa kalian.” Rasulullah saw. juga bersabda: “Sesungguhnya orang yang paling bakhil di antara manusia adalah orang yang pelit salam. Dan selemah-selemah manusia adalah orang yang tidak
  • Dakwah Islam: Menjual Semua Hartanya untuk Sedekah, Malah Kaya Raya (Kisah Nyata)

    dakwatuna.com - Ini kisah nyata yang dialami teman bekas guru SMA saya beberapa tahun yang lalu. Kisah ini berhubungan dengan sedekah yang dilakukan dengan keikhlasan luar biasa. Bagi saya terdengar agak ganjil dan mustahil, tapi memang itulah kenyataannya. Sepasang suami istri yang menyedekahkan hampir semua hartanya di jalan Allah, kemudian hidup mereka dipasrahkan pada Allah. Pertama
  • Artikel Syariah: Kisah Seorang Pemuda Kader Ahli Sihir

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 12/7/2008 | 09 Rajab 1429 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com Related PostsArtikel Islam: Buku Misykat MIUMI Upaya Bendung Liberalisme Sumber: http://www.dakwatuna.com | 29/5/2012 | 09 Rajab 1433 H RUMAH YATIM - rumah-yatim.balitabunda.comDakwah Islam: Pasukan Zionis Tangkap Pejabat Masjid Al-Aqsha dakwatuna.com – Alih-alih membebaskan tahanan Palestina, pasukan zionis malah terus menangkapi warga dan
April 2014
M T W T F S S
« Feb    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  


http://www.baitulquran.or.id