Rumah Yatim

Menyantuni Anak Yatim

ANAK yatim adalah anak yang ditinggalkan mati ayahnya selagi ia belum mencapai umur balig. Dalam Islam, anak yatim memiliki kedudukan tersendiri. Mereka mendapat perhatian khusus dari Rasulullah saw. Ini tiada lain demi untuk menjaga kelangsungan hidupnya agar jangan sampai telantar hingga menjadi orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, banyak sekali hadis yang menyatakan betapa mulianya orang yang mau memelihara anak yatim atau menyantuninya. Sayang, anjuran Beliau itu sampai kini belum begitu mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat. Hanya sebagian kecil saja umat Islam yang mau memperhatikan anjuran itu. Hal ini semestinya tidak layak dilakukan umat Islam yang inti ajarannya banyak menganjurkan saling tolong sesama umat Islam dan bahkan selain umat Islam.

Di Indonesia, khususnya di desa-desa, sampai sekarang kebiasaan memberi uang ala kadarnya pada tanggal 10 Muharam kepada anak yatim masih berlaku. Pada setiap tanggal 10 Muharam, anak-anak yatim bergerombol-gerombol mendatangi rumah-rumah orang kaya atau para dermawan. Di situ mereka memperoleh pembagian uang. Kebiasaan demikian sungguh amat terpuji, tetapi apakah para anak yatim hanya butuh bantuan sekali itu?

Read the rest of this entry »

Artikel

  • Artikel Islam: Mengingkari Kemungkaran

    Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan: Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Saya seorang remaja putri, tinggal di asrama putri, alhamdulillah, Allah telah menunjuki saya kepada kebenaran sehingga saya konsisten pada kebenaran, tapi saya merasa tertekan karena saya banyak melihat kemaksiatan dan kemungkaran, terutama dari teman-teman saya sesama mahasiswi,
  • Artikel Islam: Zionis Israel Kembali Tangkap Ketua Parlemen Palestina

    (knrp) dakwatuna.com – Penjajah Israel menangkap Dr. Azizi Duweik, Ketua DPR Palestina diperbatasan Jaba’, dekat Ramallah. Kamis sore (19/1). Sebelumnya Duweik telah dipenjara pada tanggal 29 Juni 2006 oleh penjajah Israel, diamana pada saat itu sebanyak 20 kendaraan militer Israel mengepung rumahnya di Ramallah kemudian menangkapnya dan menjatuhi hukuman kepada dirinya selama 3 tahun penjara.
  • Artikel Syariah: Adab Menasihati (Bagian ke-3, Selesai)

    (wordpress.com/bud1prasety0) Menasihati di depan Forum (Terang-terangan) dakwatuna.com - Untuk menjaga perasaan hendaklah menasihati dengan cara rahasia, tapi adakalanya juga menasihati orang lain bisa dilakukan di hadapan orang banyak. Salah seorang khatib dan imam masjid di kota Al-Khubar, Saudi Arabia dalam salah satu khutbah Jum’atnya mengatakan: “Umat Islam, mereka itu memiliki kehormatan dan harga diri, oleh
  • Artikel Muslim: Manajemen Islami Keuangan dan Harta Keluarga (Bagian ke-3): Manajemen Persediaan dan Menabung dalam Keluarga Muslim

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 30/9/2009 | 10 Shawwal 1430 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com
  • Artikel Islam: Pemimpin

    raja, karena raja cenderung hanya mengurus dirinya dari pada rakyatnya. Raja lebih identik kepada pemilik kerajaan dan kekayaan yang ada di dalamnya, sementara rakyat hanya budak yang tidak mempunyai kekuatan apa-apa. Pemimpin dalam Islam adalah seorang pelayan. Karenanya ia bukan kemulyaan (tasyriif) melainkan tugas dan beban (takliif). Dalam Al Qur’an Allah subhaanahuu wata’aala menggunakan istilah
  • Artikel Islam: Lemah Lembut Sesama Ahlus Sunnah

    Oleh Syaikh Abdul Muhsin Bin Hamd Al-‘Abbad Al-Badr Segala puji hanya milik Allah, yang telah mempersatukan hati orang-orang beriman, yang mendorong mereka untuk berkumpul dan bersatu, serta memperingatkan mereka dari perpecahan dan perselisihan. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah semata yang tidak ada sekutu bagiNya, yang menciptakan dan menentukan, menetapkan
  • Artikel Islam: Suami Isteri Wajib Mandi Setelah Jima Walaupun Tidak Orgasme, Mencampuri Isteri Setelah Melahirkan

    Oleh Abu Hafsh Usamah bin Kamal bin Abdir Razzaq Apakah suami isteri wajib mandi setelah jima’, walaupun tidak mengalami orgasme? Jawaban Ya, keduanya wajib mandi, baik mengalami orgasme maupun tidak, berdasarkan hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika seseorang duduk di antara empat anggota tubuh wanita (menindihnya) kemudian
  • Dakwah Islam: Kini Makin Banyak Muslimah di Serbia yang Berani Kenakan Jilbab

    – Muslimah Bosnia di Serbia (RoL) dakwatuna.com – Sandzak. Syiar Islam kini mulai tumbuh subur di Serbia, negara di semenanjung Balkan yang semula berhaluan komunis. Salah satu indikatornya, makin banyak Muslimah yang tak takut lagi menunjukkan identitasnya dengan mengenakan jilbab. Awal bulan ini, tujuh perempuan muda dan satu wanita dewasa memutuskan untuk mengadopsi pemakaian jilbab
  • Artikel Islam: Masalah Warisan

    Oleh Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan. Pertanyaan. Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan ditanya : Kami sebuah keluarga yang terdiri dari tujuh anak perempuan. Kaka saya yang tertua telah meninggal dunia, ia mempunyai delapan anak. Apakah anak-anaknya mempunyai hak warisan dari harta ayah saya, sementara ayah saya masih hidup, sedangkan kakak saya
  • Dakwah Muslim: Hidup dengan Semangat

    . dakwatuna.com – Wahai sahabat, sesungguhnya hidup kita di dunia ini cuma sekali, kesempatan tiada kan berulang, waktu tak kan bisa kembali, roda-roda zaman akan senantiasa berputar terus dan terus akan berputar. Sahabat semua, kita paham betul akan hal ini, maka hidup kita yang sekali ini marilah kita jalani dengan semangat yang tinggi, semangat yang
  • Dakwah Muslim: Nabi Adam, Manusia Pertama

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 9/2/2007 | 20 Muharram 1428 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com
  • Artikel Muslim: Zakat dan Pajak

    underline;”>Syarat-syarat yang wajib diperhatikan dalam penetapan pajak a. Terdapat kebutuhan riil yang tidak tercukupi oleh sumber-sumber pendanaan konvensional (zakat, bagi hasil, dan lain-lain). b. Pembagian beban pajak secara adil kepada mereka yang mampu. c. Penyaluran uang pajak untuk kemaslahatan umat, bukan kepentingan penguasa. d. Mendapat persetujuan dewan permusyawaratan atau ahlul halli wal aqdi. Karena penetapan
  • Artikel Muslim: Ku Tahu yang Ku Mau…

    dakwatuna.com - Kehidupan ini adalah anugerah yang sangat berharga. Hidup adalah tanggung jawab yang setiap detiknya harus bermakna ibadah. Begitu banyak penjelasan kepada kita bahwa keindahan hidup bukan diukur dari panjang pendeknya umur, tidak juga diukur dari kaya miskinnya  orang, melainkan dari bagaimana ia mengisi hidupnya. Memaknai hidup ini setiap insan pasti memiliki kemampuannya masing-masing dalam
  • Dakwah Muslim: Bayar Zakat Di Awal

    Assalamu’alaikum Wr. Wb. Saya mau bertanya, 1. Bila saya membeli emas pada tahun ini, kemudian saya langsung bayarkan zakat hartanya apakah boleh? karena kekhawatiran saya bila harus menunggu 1 tahun, tahun depan jumlahnya akan besar dan budget saya tidak cukup untuk membayarnya. 2. Bolehkah zakat harta kita cicil? Adakah batasan waktunya? 3. Bila saya masih
  • Artikel Muslim: Mahasiswa Kedokteran di Inggris Boikot Kuliah tentang Teori Darwin Karena Bertentangan dengan Al-Qur’an

    Charles Darwin (RoL) dakwatuna.com – London. Mahasiswa Muslim, termasuk calon dokter di salah satu program medis terkemuka di Inggris, memilih keluar dari ruang kuliah saat pembahasan teori evolusi. Mereka mengklaim hal itu bertentangan dengan ide-ide kreasionis yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Padahal di University College London tempat mereka belajar, teori Darwin merupakan bagian penting dari silabus.
  • Artikel Islam: Mewarnai Objek Dakwah

    dakwatuna.com – Dakwah adalah satu kata, beribu cara, banyak cara ketika diri mendapatinya dan ketika diri membaginya. Dakwah adalah satu kata, berjuta medan, beragam medan ketika diri terjun berjuang untuk menyebarkannya. Sungguh dakwah merupakan amanah bagi seluruh umat Islam di dunia, di pelosok manapun kita berada, di ranah manapun kita tinggal. Sejak awal dakwah telah
  • Dakwah Muslim: Hikmah dari Isra’ Mi’raj

    (blogspot.com/dokter-hanny) dakwatuna.com – Beberapa hari lagi kita akan melewati sebuah peristiwa sejarah yang sangat monumental. Momentum sejarah tersebut adalah peristiwa yang terjadi sekitar 14 abad Hijriyah yang lalu, yaitu peristiwa Isra’ Mi’raj. Pada saat itu Nabi Muhammad SAW diperjalankan oleh Allah dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsha di Al-Quds, lalu dilanjutkan dengan menembus
  • Artikel Islam: Memanfaatkan Jabatan

    Rudi Pertanyaan: Contoh kasus: Saya memegang jabatan, dimana salah satu wewenang saya adalah memilih perusahaan supplier, memesan barang ke perusahaan supplier tersebut. Suatu hari, para anak buah saya ingin mengadakan tour/rekreasi, karena kekurangan dana, maka saya (dengan sepengetahuan atasan), membuat surat ke para suplier untuk meminta bantuan dana untuk keperluan acara tour/rekreasi tersebut. Pertanyaan: Apakah
  • Syariah Muslim: Ramadhan Bersama RISKA: “Raih Ramadhan Berprestasi dengan Menjadi Insan Rabbani”

    Sumber: http://www.dakwatuna.com | 23/7/2012 | 05 Ramadhan 1433 H RUMAH YATIM – rumah-yatim.balitabunda.com
  • Artikel Islam: Batasan Taat Kepada Orang Tua

    Oleh Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas Secara umum kita diperintahkan taat kepada orang tua. Wajib taat kepada kedua orang tua baik yang diperintahkan itu sesuatu yang wajib, sunnah atau mubah. Demikian pula bila orang tua melarang dari perbuatan yang haram, makruh atau sesuatu yang mubah kita wajib mentaatinya. Lebih dari itu, kita juga wajib
  • Dakwah Islam: Jangan Jadi Generasi Nyadong!

    (Indon Wahyudin) dakwatuna.com – Hari gini masih nadah tangan sama orangtua? Gak banget deh! Salah satu indikasi keberhasilan seseorang, dapat dilihat dari tingkat kemandiriannya secara ekonomi. Gak harus kaya, tapi mampu memenuhi kebutuhan sendiri tanpa meminta pada orangtua. Tapi… kita kan masih muda, memang masih tanggungan orangtua, gimana? Betul sekali! Tapi, jika kita mampu berbuat
  • Artikel Islam: Iman Kepada Kitab-Kitab. Ahlus Sunnah Mengimani Bahwa Al-Qur-anul Karim Adalah Kalamullah

    Oleh Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas Ahlus Sunnah wal Jama’ah beriman dan meyakini dengan keyakinan yang pasti bahwa Allah k telah menurunkan kepada para Rasul-Nya Kitab-kitab yang berisikan perintah, larangan, janji, ancaman dan apa yang dikehendaki oleh Allah terhadap makhluk-Nya, serta di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: آمَنَ الرَّسُولُ
  • Artikel Islam: Tentang Lafadz Adzan

    Arif Assalamu'alaikum warah matullah. Ustadz, saya pernah baca satu artikel, yang kebetulan hanya berupa lembaran lepas sehingga tidak komplit keterangannya. Yang menarik dari artikel tersebut adalah dituliskan disana bahwa lafadz adzan yang sekarang berbeda dengan pada masa rasul. dan lafadz "asholatu khoirun minannaum" adalah lafad tambahan yang tidak jelas dalam artikel itu tambahan dari mana
  • Dakwah Muslim: Antara yang Kekal dan Fana

    dakwatuna.com - “Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” (Al An’aam: 32) Ketika kita mencoba membuka mata untuk melihat lingkungan sekitar, maka alangkah sedihnya diri ini ketika melihat mereka yang berperilaku bersungguh-sungguh untuk mengejar dunia
  • Artikel Islam: Cara Ahlul Bid’ah Beragumentasi

    Peringkas Syaikh Alawi bin Abdul Qadir As-Saqqaf Pendahuluan Setiap (kelompok) yang menyimpang dari Sunnah namun mendakwahkan dirinya menerapkan Sunnah, mesti akan takalluf (memaksakan diri) mencari-cari dalil untuk membenarkan tindakannya (penyimpangan) mereka. Karena, kalau hal itu tidak mereka lakukan, (perbuatan mereka) mengesampingkan Sunnah itu sendiri telah membantah dakwaan mereka. Setiap pelaku bid’ah dari kalangan umat Islam
  • Artikel Islam: Terjerat Penyakit Suka Sesama Jenis (Homoseks)

    Kepada Redaksi As-Sunnah Di Tempat Saya mempunyai penyakit yang sulit sekali disembuhkan, dan penyakit ini sudah puluhan tahun saya derita, yaitu homoseks. Saya meminta kepada Redaksi As-Sunnah terapi/pengobatan seperti apa yang harus saya lakukan. Karena sudah berkali-kali saya sudah berobat tetapi tidak pernah sembuh, bahkan bertambah parah. Pernah saya meminta pengobatan pada seorang ustadz, tapi
  • Artikel Islam: Science: Tantangan Alam dan Wahyu Ilahi

    dakwatuna.com – Penelusuran manusia terhadap fenomena kehidupan menjadi sesuatu yang tiada habis. Berkembangnya ilmu pengetahuan yang mendasari teknologi akan terus berlanjut, dan alam terus menampakkan fenomena barunya setiap kali suatu teorema hampir dipercayai utuh sebagai kebenaran. Postulat relativitas Einstein dimunculkan ketika asumsi keberadaan ether tertolak oleh fakta alamiah. Eksperimen Michelson-Morley tidak mampu membuktikan apapun terkait
  • Artikel Islam: Episode Penantian

    (nyepsycho.wordpress.com) dakwatuna.com Tuhan, hati ini hampir terjengkang Jika Kau tak menopang Aku si abu di belantara hitam putih Yang mencari sunyi di kedalaman doaBerbekal secawan keyakinan Kepada Tuhan aku serahkan Biduk kesabaran yang terus terguncang Bisikan ombak terus menerjang Tak boleh tenggelam Ada KAU Sang Penopang Biar mimpi bergelimpangan kini KAU pasti akan mendampingi Ketika
  • Dakwah Islam: Pelukan Alam

    (blogspot/lovelytobeamuslimah) dakwatuna.com Ku lirik biru langit yang menjadi nuansa Arakan awan pengiring langkah Mentari yang menyapaku dengan teriknya Warna hijau yang memelukku Warna coklat tempat ku bertumpu Peluh ini menjadi saksi Di sepanjang tapak-tapakku berjejal Mendaki medan terjal berkerikil Bernaung ketakutan yang meraja Merasuki tiap sendi nadiku Aku adalah seorang penakut Yang menggigil kala dingin
  • Artikel Syariah: Statis

    dakwatuna.com - Segala puji hanya milik Allah, Robb seluruh alam… Mahasuci Allah, yang seluruh jagat raya beserta perhiasannya, bertasbih memuji Allah…. Mahasuci Allah, yang seluruh gunung dan hamparan rerumputan bertasbih kepada Nya, seluruh makhluk. Shalawat beserta salam semoga selalu tercurah kepada baginda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih Maha Penyayang.
  • Artikel Muslim: Adab Menasihati (Bagian ke-2)

    Menasihati Secara Rahasia dakwatuna.com - Untuk menjaga hati dan perasaan, banyak orang menyampaikan nasihat dengan cara langsung ke personal orangnya ataupun dengan cara sembunyi-sembunyi. Sejatinya, nasihat dan celaan itu bedanya sangat tipis. Nasihat diberikan secara rahasia, sedangkan celaan disampaikan secara terang-terangan. Fudhail bin ‘Iyadh rahimahumullah berkata: “Seorang mukmin menjaga rahasia dan memberi nasihat. Seorang fajir membongkar rahasia
  • Artikel Islam: Seputar Rambut Atau Bulu Yang Harus Dihilangkan Dan Tidak Boleh Dibiarkan

    Oleh Ustadz Nurul Mukhlisin Asyrafuddin Termasuk bentuk kesempurnaan penciptaan manusia, adalah dikaruniainya rambut atau bulu di tubuhnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakannya tidak dengan sia-sia, namun memiliki hikmah atau manfaat, baik diketahui oleh manusia atau tidak. Rambut atau bulu yang tumbuh pada jasad manusia ada yang harus dijaga bahkan wajib dibiarkan, ada juga yang diperintahkan
  • Artikel Islam: Mau Pilih Bahagia?

    saNya bagi hambaNya yang sabar dan tak kenal putus asa (D’masiv – Jangan Menyerah)   dakwatuna.com -Siapa yang belum pernah dengar lagu di atas? Ngacung! Hayyo ngaku aja, tar tak kasih CDnya gratis! hi hi… *KIDDING ahh! (takut ditagih, lah wong sayanya aja ‘nda punya kok) Gini…, gini….  Inti lagu di atas adalah kita diminta untuk
  • Syariah Islam: Lelaki Mulia

    (kawanimut) dakwatuna.com Bagiku, lelaki mulia… Ialah yang tidak menghinakan wanita. Sikapnya santun penuh hormat, Ialah cermin dari pribadi yang taat. Lelaki mulia… Selalu menjaga wanita. Tak membiarkannya kecewa, Apalagi terluka.. Oleh janji-janji buta. Lelaki mulia… Yang tak akan umbar kata, Melainkan dengan sikap yang nyata. Ialah lelaki mulia.. Memuliakan wanita, Terutama Ibunya….. Akhlaknya tidak tercela..
  • Artikel Islam: Alasan Yang Membolehkan Seseorang Tidak Berpuasa : Tidak Mampu Puasa Terus Menerus, Orang Sakit

    Oleh Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ahmad Ath-Thayyar Pengantar Tentang Beberapa Alasan Yang Membolehkan Seseorang Untuk Tidak Berpuasa Puasa merupakan ibadah yang cukup berat, dalam menjalankannya membutuhkan ketegaran dan kesabaran. Sebagian orang tidak sanggup menjalankannya. Dan untuk menjalankan Sunnah Islam yang berdiri di atas kemudahan dan peniadaan kesulitan dari umat manusia, maka Allah Subhanahu wa
  • Artikel Muslim: This is Gender, Mengcounter Feminisme Secara Akademik

    ull wp-image-20730″ title=”studi gender” src=”studi-gender.jpg” tppabs=”http://www.dakwatuna.com/wp-content/uploads/2012/05/studi-gender.jpg” alt=”” width=”543″ height=”768″ /> Tentang CGS CGS lahir pada tanggal 07 April lalu, ditandai dengan lahirnya sebuah grup di FB dan blog, kemudian karena animo yang begitu besar terhadap grup dan blog, akhirnya kami-pengurus perempuan, dibantu dengan empat Laki-laki, membuat website resmi, www.thisisgender.com yang mengkhususkan diri untuk mengcounter feminisme dan
  • Artikel Islam: Mewaspadai Bahaya Korupsi

    Oleh Ustadz Abu Humaid Arif Syarifuddin Menengok keadaan saat ini, betapa banyak orang yang melakukan perbuatan yang amat tercela ini. Bahkan hampir kita dapati dalam semua lapisan masyarakat, dari masyarakat yang paling bawah, menengah sampai kalangan atas. Khalayak pun kemudian menggolongkan para pelaku korupsi ini menjadi berkelas-kelas. Mulai koruptor kelas teri sampai kelas kakap. Dalam
  • Artikel Islam: Kesulitan Mendapatkan Daging Halal Dan Bejana Suci

    Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Pertanyaan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Saya seorang pelajar dari Somalia. Saya belajar di negeri Cina. Saya menghadapi banyak masalah dalam soal makanan secara umum dan untuk mendapatkan daging halal secara khusus. Diantara kesulitan-kesulitan itu misalnya. . Sebelum pergi ke Cina, saya mendengar
  • Artikel Islam: Ramadhan Dan Turunnya Al-Qur’an : Membaca Dan Mendalami Al-Qur’an Serta Pengaruhnya Dalam Manhaj

    Oleh Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ahmad Ath-Thayyar Allah Tabaraka wa Ta’ala telah berfirman: “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur-an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)…” Al-Qur-an diturunkan pada bulan Ramadhan, di mana petunjuk dan berbagai pengaruh serta nilainya
  • Syariah Muslim: Everybody Can Be Success

    dakwatuna.com – “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa yang pada diri mereka” (QS 13: 11). Maha benar firman Allah apa yang tertulis di dalam surah Ar-rad ayat 11. Jika kita ingin mengubah nasib kita, maka sebenarnya yang harus pertama dilakukan adalah dari diri kita sendiri dengan
April 2014
M T W T F S S
« Feb    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  


http://www.baitulquran.or.id